Kim Jong Un akan Bertemu Trump di Mongolia atau Singapura?

Kim Jong Un akan Bertemu Trump di Mongolia atau Singapura?

Kim Jong Un dijadwalkan bertemu dengan Donald Trump pada Mei atau Juni
(Reuters)

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, ada tiga sampai empat kemungkinan tanggal yang sedang dipersiapkan untuk pertemuan puncak dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un. Sebelumnya Trump mengatakan, pertemuan akan dilaksanakan pada akhir Mei atau awal Juni.

Pertemuan antara Kim Jong Un dan Trump dilakukan setelah pertemuan antar Korea yang dilaksanakan pada hari Jumat, (27/4). “Harus ada keputusan yang dibuat. Ada tiga sampai empat tanggal alternatif, ada lima lokasi yang akan menjadi pilihan tempat pertemuan,” kata Trump kepada Fox News via Channel News Asia pada Jumat, (27/4).

Trump sama sekali tak mengngkapkan lokasi yang akan menjadi tempat pertemuan. Namun, seperti yang dilaporkan oleh Media Joong Ang Ilbo, Mongolia dan Singapura ada di daftar pilihan.



“Negara-negara Eropa seperti Swiss dan Swedia sering disebut-sebut, tetapi tempat-tempat tersebut menjadi pengecualian. Sebab tempat itu sulit bagi Kim Jong Un untuk secara fisik sampai di sana,” kata harian Korea Selatan, mengutip sumber pemerintah.

“Korut memiliki pandangan bahwa Mongolia adalah negara yang bersahabat,” kata sumber itu. Maka Mongolia bisa menjadi negara akternatif.

Mongolia disebut sebagai negara alternatif untuk pertemuan Kim dan Trump
(Reuters)

รข??Pemerintah AS mengecualikan negara-negara yang mempunyai kepentingan pribadi, termasuk Korsel, Jepang, dan Tiongkok. Mencari negara-negara Asia Tenggara yang secara bersamaan memenuhi berbagai kondisi, itulah mengapa Singapura dipilih,” tambah sumber itu.

Ditanya tentang harapannya untuk bertemu dengan pria yang disebutnya ‘Manusia Roket’ itu, pernyataan Trump tidak jelas. “Bisakah aku keluar dengan cepat dari pertemuan itu dengan hormat dan selamat atau mungkin bahkan pertemuan itu tidak akan berlangsung, siapa yang tahu?”, kata Trump.

Trump juga menyebutkan adanya kunjungan rahasia mantan Direktur CIA Mike Pompeo ke Korut yang awalnya tidak dijadwalkan untuk bertemu dengan Kim. “Kami memiliki foto-foto yang luar biasa dari dua pembicaraan dan pertemuan, saya mau merilisnya jika saya bisa, sayangnya tidak,” kata Trump.

“Lebih dari halo, mereka akrab. Mereka berbicara satu sama lain lebih dari satu jam. Dia (Pompeo) juga berbicara dengan rekan-rekannya di Korut. Mereka mengadakan pertemuan yang hebat,” lanjut Trump.


(ina/iml/trz/JPC)