Kiat Merawat Hewan Peliharaan bagi Pekerja

Memelihara Anjing Bisa Membuat Anda Tidur Nyenyak - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Memelihara hewan kesayangan di rumah memang menyenangkan. Namun bagi kamu yang juga seorang pekerja, bukan hal mudah memelihara hewan kesayangan. Apalagi, tipe seorang pekerja yang biasayanya jarang berada di rumah.

Nah, dokter hewan Drh. Novi Wulandari berbagi tips bagi para pekerja yang ingin memlihara hewan di rumah. 

“Kalau ternyata tinggal sendir,i pastikan lingkungannya itu aman, nyaman dan dia (hewan peliharaan) ditinggal sendiri aman,” ujar Novi di Jakarta, Jumat (8/11).

Menurutnya, keamanan juga harus benar-benar diperhatikan tidak hanya untuk hewan peliharaan, tetapi juga untuk lingkungan sekitar rumah.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pengaturan suplai makanan. Para pekerja harus sedikit ekstra mengeluarkan usaha untuk membeli peralatan yang mampu mengakomodir akses makanan.

“Dia harus punya dispenser makanan yang bisa dibuka jam tertentu, jadi kucingnya bisa makan atau yang dispenser yang makanan diambil dia turun. Minuman juga otomatis harus tersedia,” kata Novi.

Ia juga menekankan pentingnya komitmen pemilik dalam memerlihara hewan peliharaan. Selain biaya, komitmen waktu menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja.

Sebabnya, pekerja harus menyediakan waktu bermain bersama agar hewan peliharaan tidak stres. Selain itu, membawa hewan peliharaan ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan rutin kesehatan.(antara/jpnn)