Khofifah Tekankan Pentingnya Inovasi Pasar

Khofifah Indar Parawansa

RADAR MALANG ONLINE – Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa kembali menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki fasilitas pasar-pasar tradisional di Jatim. Pasar tradisional memiliki perputaran ekonomi yang relatif besar. Sehingga harus diimbangi dengan fasilitas yang memadai agar dapat menarik pembeli dari kalangan ekonomi menengah ke atas.

“Saya yakin perputaran ekonomi di pasar ini relatif besar. Karena pembeli di sini membeli barang untuk dijual kembali. Untuk menarik masyarakat ekonomi atas berbelanja di pasar-pasar tradisional seperti ini, infrastruktur harus juga dibenahi,” kata Khofifah di sela blusukan di Pasar Mangga Dua, Surabaya, Senin (11/6) dini hari.

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu menekankan betapa pentingnya menumbuhkan inovasi pembangunan pasar tradisional. Ia mencontohkan ketika pasar modern dapat berlari kencang, sedangkan pasar tradisional tidak dapat pembenahan infrastuktur secara maksimal.

“Inovasi pembangunan pasar-pasar tradisional itu penting. Ketika pasar tradisional dapat berlari kencang, kemudian pasar tradisional tidak dapat pembenahan secara maksimal,” tambahnya

Khofifah juga mengharapkan agar kredit usaha rakyat (KUR) bisa masuk ke pasar tradisional. Sebab selama kunjungan ke hampir seluruh daerah di Jatim, Khofifah tidak menemukan bank penyedia KUR yang berada di pasar.

Dia menginginkan nantinya ada bank penyedia KUR di pasar-pasar Tradisional. “Saya ingin nantinya pemerintah memberikan bantuan modal pada para pedagang dengan meletakkan bank penyalur KUR yang interestnya 7 persen per tahun. Sejauh ini saya tidak melihat ada bank penyedia KUR di tengah-tengah pasar tradisional,” pungkas Khofifah.

(mkd/JPC)