Khawatir Virus Korona, Ericsson dan Nvidia Susul LG Batal Ikut MWC

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Perusahaan telekomunikasi Swedia, Ericsson, dikabarkan mengambil langkah untuk batal mengikuti gelaran Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona. Langkah tersebut merupakan bentuk ketakutan mereka akan wabah virus Korona yang sedang melanda Tiongkok dan sejumlah negara lain. Sejumlah perusahaan Tiongkom juga hadir dalam gelaran tersebut.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com – RADARMALANG.ID dari DigitalTrends, Selasa (11/2), dalam sebuah pernyataan pada Jumat (7/2) lalu, Ericsson mengonfirmasi tidak akan menghadiri MWC tahun ini karena kekhawatiran akan kesehatan dan keselamatan karyawan serta pelanggan. Pihak penyelenggara, dalam hal ini GSMA juga telah mengonfirmasi pembatalan itu dan menyebut dapat memiliki dampak lebih lanjut pada acara tersebut.

“Kesehatan dan keselamatan karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan kami adalah prioritas utama kami,” kata Presiden dan CEO Ericsson Borje Ekholm.

Meski memutuskan menarik diri dari gelaran tersebut, dirinya menyebut kalau keputusan tersebut tak mudah. “Ini bukan keputusan yang kami ambil dengan enteng. Kami menantikan untuk memamerkan inovasi terbaru kami di MWC di Barcelona. Sangat disayangkan, tetapi kami sangat percaya bahwa keputusan bisnis yang paling bertanggung jawab adalah menarik partisipasi kami dari acara tahun ini,” imbuhnya.

Tak hanya Ericsson, Amazon dan Nvidia juga dikabarkan batal mengikuti gelaran MWC. Perusahaan-perusahaan teknologi tersebut menyusul langkah LG yang lebih dulu mengumumkan menarik diri dari gelaran MWC.

Dilansir dari laman TechCrunch, Amazon yang menarik diri dari MWC juga memiliki alasan yang sama, yakni ketakutan akan penularan virus Korona. Nvidia juga demikian, dikutip dari CNet, Nvidia menyebut faktor kesehatan adalah alasan mereka undur diri dari MWC.

Pembuat chip grafis Nvidia mengatakan pihaknya ingin memastikan keamanan rekan, mitra, dan pelanggan. “Kami telah menantikan untuk berbagi pekerjaan kami di AI, 5G, dan vRAN dengan industri. Kami menyesal tidak hadir, tetapi percaya ini adalah keputusan yang tepat,” jelas pihak Nvidia dalam postingan blog resminya.

Pembatalan terbaru kemungkinan akan menjadi sandungan serius bagi GSMA selaku pihak penyelenggara yang menjalankan MWC. GSMA telah mengeluarkan pernyataan tentang kepergian Ericsson, disebutkan tentang keputusan Ericsson untuk menarik diri akan berdampak pada acara tersebut.

Terkait dengan virus Korona dan kekhawatiran penyebaran melalui acara MWC, GSMA juga sudah mengambil beberapa langkah pencegahan. Salah satu yang diimbau GSMA adalah pengunjung dilarang untuk berjabat tangan selama gelaran MWC yang dihadiri oleh perusahaan-perusahaan teknologi dari seluruh dunia termasuk Tiongkok.