Ketahui Cara Hilangkan Kuman yang Tepat dengan Hand Sanitizer

JawaPos.com – Tak bisa dipungkiri, di tengah padatnya aktivitas terkadang seseorang menyukai segala sesuatu yang ringkas dan efisien. Tak terkecuali penggunaan hand sanitizer atau pembersihkan tangan untuk membersihkan kuman yang tak terlihat.

Yup, harus diakui hand sanitizer dianggap mampu membersihkan tangan yang kotor setelah bersentuhan dengan banyak orang dan lingkungan sekitar. Sehingga bisa tetap merasa aman dan nyaman ketika hendak makan atau bahkan menyentuh anak kecil. Tapi, bagaimana sebenarnya cara pakai hand sanitizer yang tepat?

Ditemui dalam peluncuran Antis Jasmine Tea beberapa waktu lalu, dr. Dewi Ema Anindia mengungkapkan memang benar kalau hand sanitizer bisa membersihkan kuman-kuman yang tak terlihat. Bahkan, diakui dr. Dewi, hand sanitizer mampu menghilangkan kuman hingga 99 persen.

Cara pakainya pun cukup praktis, tinggal disemprotkan atau dituangkan ke tangan tanpa bilas dengan air. Namun, ada yang perlu diperhatikan saat menggunakan hand sanitizer. Terutama cara penggunaannya.



“Kalau tangan kita tidak kelihatan kotornya, hand sanitizer bisa membersihkan kuman. Sebab kan ada kandungan alkoholnya yang bisa membunuh kuman,” ujar dr. Dewi.

Sedangkan, jika jelas-jelas ada kotoran yang menempel di tangan seperti bekas sambal atau tanah sebaiknya bilas dengan air. Sabun diperlukan untuk menghilangkan kotoran secara tuntas. Sebab, hand sanitizer hanya berfungsi untuk menghilangkan kuman yang tak terlihat. Sehingga tak bisa menggantikan sabun.

“Intinya memang untuk membersihkan tangan, tapi dilihat juga kotorannya. Kalau hanya habis bersalaman atau dari toilet pakai hand sanitizer itu ga apa,” sambungnya.

Peluncuran Antis Jasmine Tea. (Nurul Adriyana/JawaPos.com)

Lalu, amankan penggunaan aroma dalam hand sanitizer?

Menurutnya, aroma dalam hand sanitizer bukanlah hal yang berbahaya. Aroma yang terkandung dalam hand sanitizer tentunya menggunakan formula yang mana bagi kulit. Terlebih, aroma itu digunakan hanya sebatas menyegarkan tangan si pengguna.

Terkait dengan hand sanitizer yang mampu menghilangkan kuman dengan cepat dan wangi, Antis mengeluarkan varian terbarunya yakni Jasmine Tea. Antis Jasmine Tea, dalam 4 detik mampu mematikan kuman dan menghilangkan bau tak sedap dengan aroma teh melati.

Tegar Baskoro (Group Product Manager Antis) mengatakan bahwa belum ada produk serupa yang mempunyai manfaat seperti Antis Jasmine Tea, dalam 4 detik mampu mematikan kuman dan menghilangkan bau tak sedap dengan aroma teh melati.

“Antis mampu membunuh 99 persen kuman dalam waktu 4 detik, mengandung formula yang mudah menguap sehingga tidak tersisa ditangan, lembut di kulit karena mengandung moisturizer, dan harum teh melati, formula yang digunakan pun adalah flavour dari teh melati bukan menggunakan pewangi parfum biasa.” ujar Tegar Baskoro selaku Group Product Manager Antis.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah