Ketahui Bahaya Kanker Ginjal, Penyakit yang Diderita Vidi Aldiano

JawaPos.com – Penyanyi Vidi Aldiano mengungkapkan bahwa dirinya terkena kanker. Letaknya pada ginjal sebelah kiri. Ungkapan sedih itu disampaikan lewat akun media sosialnya. Vidi meminta doa agar semua proses operasi dan pengobatan kanker yang dideritanya dan sudah stadium 3 itu berjalan lancar. Lantas, seperti apa bahaya kanker ginjal?

Internis, Konsultan Hematologi, dan Onkologi RS Kanker Dharmais Jakarta dr. Ronald A. Hukom menjelaskan kanker ginjal adalah kanker yang dimulai dengan tidak terkontrolnya pertumbuhan secara abnormal dari sel di ginjal. Sekitar 90 persen merupakan renal cell carcinoma, dengan dua tipe utama, clear cell carcinoma dan papillary cell carcinoma.

Kanker ginjal paling banyak ditemukan pada pria. Kanker ginjal juga bisa diderita oleh anak-anak.

“Ada bentuk khusus kanker ini pada anak, dikenal dengan nama tumor Wilms,” katanya kepada JawaPos.com, Jumat (13/12) malam WIB.

Ternyata kasus kanker ginjal di Indonesia jarang ditemukan. Buktinya, kanker ginjal tidak termasuk 10 besar kanker yang tersering ditemukan di Indonesia.

“Bukan kanker tersering yang ditemukan. Dan, dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)/Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sampai saat ini belum ada obat kanker ginjal yang ditanggung,” tandasnya.

Insta story Vidi Aldiano meminta doa (Instagram Vidi Aldiano)

Kabar mengejutkan yang disampaikan Vidi Aldiano itu memang membuat kaget sahabat, netizen, dan semua penggemarnya. Pelantun lagu Status Palsu itu selama ini dikenal enerjik dalam aksi panggungnya. Vidi pun meminta doa dan banyak menuliskan harapan di Instagram-nya.

“3 hari ke belakang sangat berat buat gue. Tapi hari ini gue mendapatkan beberapa kejutan yang menyenangkan. Tomorrow’s not gonna be easy, but hopefully I can make it out alive. Doakan ya kawan,” tulis Vidi lewat Insta Story.