Kesulitan Likuiditas, EMCO Asset Management Cegah Nasabah Tarik Dana

JawaPos.com – Permasalahan di industri keuangan Indonesia belakangan ini terus muncul. Kali ini, giliran PT EMCO Asset Management yang mengumumkan sedang mengalami permasalahan keuangan.

Melalui surat tertanggal 27 November 2019, manajemen EMCO meminta nasabah untuk tidak melakukan transaksi penarikan (redemption) dalam beberapa waktu ke depan. Hal tersebut dilakukan lantaran perusahaan tengah mengalami kesulitan likuiditas.

Dalam surat tersebut, Direktur Utama EMCO Asset Management, Eddy Kurniawan menjelaskan mengenai kondisi pengelolaan dana EMCO pada empat produk reksadana yang tengah mengalami tekanan. Keempat produk tersebut meliputi Reksadana EMCO Mantap, Reksadana EMCO Growth Fund, Reksadana Syariah EMCO Saham Barokah Syariah, serta Reksadana EMCO Pesona.

Manajemen EMCO menjelaskan, terjadi penurunan kinerja saham yang berpengaruh pada penurunan nilai aktiva bersih (NAB) reksadana saham mereka. Atas dasar itu, EMCO meminta pengertian dan dukungan nasabah agar tidak menarik dana hingga NAB membaik.

“Dukungan tersebut dapat berupa tidak melakukan transaksi penarikan dana (redemption) untuk sementara waktu sampai dengan NAB membaik,” tulis Eddy, dikutip Senin (27/1).

JawaPos.com sudah berupaya menghubungi Eddy, namun hingga kini belum mendapat konfirmasi langsung dari pihak terkait. Begitu pula dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang belum memberikan penjelasan mengenai permasalahan yang membelit EMCO ini.

Merujuk data OJK, pemegang saham EMCO Asset Management terdiri dari PT Petrada Artha Investama (95 persen) dan Makmur Widjaja (5 persen).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri