Keseruan Berburu Kuliner di Ampel saat Ramadan

 Keseruan Berburu Kuliner di Ampel saat Ramadan

JawaPos.com – Ramadan telah tiba. Salah satu momen menyenangkan adalah ngabuburit. Yakni, berbelanja makanan sambil menunggu waktu berbuka. Salah satu tempat yang ikonik adalah kawasan Ampel. Para pembeli berdatangan untuk berburu beragam jajanan di sana.

Ahmad Hidayat merupakan salah seorang pedagang yang lapaknya ramai pengunjung. Di Jalan Ampel Kembang, dia menjual beragam jajanan khas Timur Tengah. Ada samosa, roti maryam, pukis arab, dan nasi arab. Harga yang ditawarkan pun cukup murah. Mulai Rp 7 ribu sampai Rp 20 ribu.

Bukan hanya itu. Di lapak miliknya, Hidayat juga menjual minuman. Yang paling terkenal dan diminati para pemburu takjil adalah es permen karet. ”Sepuluh ribu tiga, sepuluh ribu tiga,” teriak Hidayat sambil melayani pembeli. Maksudnya, setiap tiga plastik es permen karet yang dijualnya dihargai Rp 10 ribu.

Saking ramainya pemburu es permen karet, Hidayat terlihat kewalahan melayani pembeli. Semakin sore semakin ramai. Setiap hari, ketika bulan puasa, dia menyiapkan sekitar tujuh ember es permen karet untuk melayani para pelanggan setianya.

”Sebelum pukul 16.00, saya datang ke sini. Kalau lebih biasanya sudah habis,” kata Sutikno, warga Tembok Dukuh, ketika membeli es permen karet kemarin.

Es permen karet memang menjadi salah satu menu andalan di lapak Hidayat ketika Ramadan. Namun, pada bulan-bulan bisa, pengunjung juga tetap bisa membeli aneka jajanan di sana. Warung tersebut bahkan sudah mulai buka pukul 13.00 setiap hari.

Beberapa pedagang lain juga meramaikan kawasan Ampel kemarin. Mereka menjajakan barang dagangan di sekitar Jalan Nyamplungan dan Jalan Pegirian. Termasuk para penjual kurma.