Kesengsem Lettering

Memiliki hobi yang sekaligus menjadi pekerjaan memang mengasyikkan. Selain bisa terus mengembangkan minat dan bakatnya, rintangan yang ada lebih dimaknai sebagai tantangan. Seperti halnya sahabat Erliya Yunita yang kesengsem menggambar huruf indah atau biasa dikenal lettering. Berbekal peralatan kuas, brush pen atau kapur, tangan terampilnnya dengan cekatan membuat tulisan indah.

”Ini sekarang (lettering) jadi pekerjaan utama saya, tidak ada yang lebih menyenangkan dari hobi yang dibayar bukan?” terangnya sembari tersenyum manis. Selain menerima order lettering, dia juga sering mengisi workshop. Selain keahliannya makin berkembang, dia juga senang bisa berbagi dengan mereka yang memiliki antusiasme yang sama dengan dirinya.

Menurut dia, saat ini seni lettering tak hanya manual, tetapi juga berbentuk digital. Bedanya sesuai kebutuhan. ”Manual biasanya untuk signing seperti papan nama, ucapan selamat datang atau menu. Sedangkan digital buat keperluan logo,” terang wanita asli Kota Batu ini.

Meski hobinya ini belum lama ditekuni, namun dia yakin memiliki passion yang kuat. ”Awalnya lihat di Instagram orang luar negeri. Terus ikut komunitas, nambah pengetahuan dan bisa eksplorasi lagi,” ujar warga Bumiaji ini. Dalam komunitas, dia merasa wawasannya bertambah luas karena bisa sharing mengenai alat, teknik, sumber, dan bahan belajar sampai menentukan harga desain yang layak.

Terakhir, motivasi yang selalu dia tekankan kepada dirinya adalah untuk mencintai pekerjaannya. ”Cintailah pekerjaanmu, jika tidak bisa maka buatlah sesuatu yang kamu cintai menjadi pekerjaan,” pesannya.

Pewarta               : Mochamad Sadheli
Copy editor        : Amalia Safitri
Penyunting         : Ahmad Yani
Foto                   : Erliya Yunita