MALANG KOTA – IHC Rumah Sakit Lavalette punya layanan kesehatan One Stop Service MCU. Layanan ini adalah Occupational Health and Industrial Hygiene (OHIH), yang telah dilaunching awal 2022. Adanya layanan kesehatan ini untuk meminimalisir insiden terjadinya penyakit akibat kerja (PAK), serta kecelakaan kerja.
Dokter pemeriksa kesehatan tenaga kerja OHIH, dr Frida Zoraya Permataputri mengatakan OHIH memiliki 8 pilar layanan kesehatan. Yakni manejemen resiko kerja, layanan kesehatan kerja, klinik on site, evakuasi medis, fit to work, program promosi, training center, industrial hygiene. Ke delapan pilar ini mengacu ada antisipasi terjadi kecelakaan kerja karyawan.
“Jadi OHIH ini melakukan pemeriksaan prakerja. Pekerja sehat atau tidak. Ada kendala kerja atau tidak. Terus kami juga ada layanan Health Risk Assessment (HRA). Misal perusahaan butuh konsultasi masalah perusahaan yang berakibat pada pekerja, kami bisa melayani itu,”jelasnya.
Medical Check Up (MCU) OHIH ini jadi salah satu jujukan layanan kesehatan bagi perusahaan. Selain kelengkapan alat yang terpusat di satu tempat, OHIH telah menjadi Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) dari Kemenaker. Sumber daya manusianya juga telah mumpuni ditunjukkan dengan sertifikat keahlian. Diantaranya dokter sudah memiliki Surat Keterangan Penunjukkan (SKP PJK3) ahli keselamatan dan kesehatan, dan tenaga kesehatannya telah tersertifikasi ahli K3 Umum. “OHIH memiliki dokter yang telah tersertifikasi SKP PJK3. Yaitu saya sendiri. Kemudian dokter yang satu masih dalam proses sertifikasi. Tim kami juga sudah tersertifikasi Ahli K3 Umum,” tegasnya.
Puluhan perusahaan pun telah memilih OHIH ini sebagai layanan kesehatan bagi para karyawannya. Mulai dari perusahaan skala mikro hingga makro. Menurut dr Frida, biasanya perusahaan menggunakan layanan ini untuk karyawan baru yang akan bekerja. Sehingga, perusahaan membutuhkan rekam kesehatan awal untuk dijadikan bahan pertimbangan perusahaan.
“Dari hasil pemeriksaan kami dapatkan result (hasil), menyarankan apakah pekerja tersebut layak bekerja atau tidak, kami arahkan permasalahannya. Selain pemeriksaan awal pekerja, kami juga melayani pemeriksaan secara berkala dan berlanjut,” paparnya.
OHIH ini memberikan kemudahan layanan bagi customer. Selain layanan One Stop Service MCU, RS Lavalette juga menyediakan kemudahan bagi customer dengan fasilitas mobile BUS MCU. Bus ini mendatangi customer untuk melakukan pemeriksaan secara berkala, sesuai permintaan customer. Di dalam bus sudah dilengkapi dengan peralatan pemeriksaan yang memadai.
“Dalam bus tersebut kami bisa melakukan pemeriksaan fisik, rekam jantung, audiometri, hingga rontgen. Tidak perlu pelanggan yang datang ke kami, tapi kami yang datang ke pelanggan. Jadi satu bus itu kami bisa melakukan pemeriksaan, lebih memudahkan karena tersentral di satu tempat,” tandasnya. (rof/dik)