Kerjakan Soal di Teras Kelas dan Gazebo, Beginilah Serunya Try Out Kejujuran Radar Malang

KOTA MALANG – Try out jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020, biasanya digelar di kelas dengan suasana yang tegang.

Namun berbeda dengan Try Out Kejujuran yang diadakan Jawa Pos Radar Malang, Jumat (14/2) pagi. Seluruh siswa SD/MI se-Malang Raya dibebaskan mengerjakan soal dimanapun. Prinsipnya, jujur!.

Seperti yang terlihat di SDN Kauman 2. Sebanyak 60 siswa kelas VI terlihat berpencar. Ada yang lesehan di depan terus juga di gazebo.

Mereka tampak serius menerjakan 75 soal yang tersaji di Koran Radar Malang. Terdiri dari 25 soal matematika, 25 soal IPA, dan 25 soal Bahasa Indonesia.

“Seru juga try out kayak gini. Meskipun di awal ada rasa takut juga. Takut dicontek teman,” ungkap Amelia Ramadhani, siswa kelas 6A.

Meskipun begitu, ia mengaku lebih enjoy dengan model try out semacam ini. “Ya suasananya lebih enjoy, sesekali bisa bicara sama teman ngeluh ah kok gini soalnya, tapi tetep kerjain sendiri,” ceritanya.

Hal senada juga diungkapkan M Zacky Afriansyah. Siswa kelas 6A itu juga lebih nyaman dengan suasana try out kejujuran yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang ini.

“Rasanya beda banget, kalau kayak gini kan bisa saling tatap muka sama teman, nggak tegang, dan otak lebih encer. Bisa guyon juga sesekali, tapi nggak contekan kok,” beber dia.

Pagi ini juga Direktur Jawa Pos Radar Malang, Kurniawan Muhammad beserta jajaran manajemen mendampingi Kepala Disdikbud, Dra Zubaidah meninjau siswa SDN Kauman 2 Malang.

“Ayo semangat ya, yang jujur, kerjakan pelan-pelan,” ujar Zubaidah sembari melihat aktivitas para siswa.

Sementara Kepala SDN Kauman 2 Malang Kurniati, S.Pd setiap tahunnya try out kejujuran memang dinanti anak-anak.

“Guru pun cuma mendampingi, kejujuran diserahkan kepada anak-anak. Kami juga modal percaya pada mereka. Semoga ini bertahan dengan model lain tahun berikutnya. Meskipun UNBK sudah nggak ada,” harapnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia