Kerja Makin Keren dengan Gaya 5 Office Look Ala Korea Style

JawaPos.com – Panggung fashion yang bernuansa ala gaya Korea saat ini makin digemari. Salah satunya berbagai busana kerja atau Office Look ditampilkan oleh para aktris yang terlihat dalam drama Korea.

Meksi sering terlihat dalam balutan suits, gaya busana yang ditunjukan para aktris ini justru tetap memiliki kesan feminin. Baik dari pemilihan warna yang soft atau cerah. Hingga dipadupadankan dengan penggunaan heels dan tas jinjing yang mungil.

Misalnya penampilan Lim Soo Jung dalam drama Korea berjudul ‘Search WWW’. Berperan sebagai Bae Ta Mi, perempuan karir yang bekerja pada perusahaan daring raksasa, Lim Soo Jung sering terlihat mengenakan Office Look.

Potret office look Lim Soo Jung dalam drama ‘Search: WWW’. (Soompi)

Ia menampilkan gaya boyish dengan setelah celana panjang dan blazer. Namun tetap terlihat feminin dengan heels dan rambut yang diurai atau dikuncir. Salah satunya saat mengenakan blazer dan celana merah yang ia padukan dengan kemeja hitam. Terlihat pula ia memadukan blazer oversized dengan rok.

Selain Lim Soo Jung, penampilan Park Min Young juga sangat menginspirasi saat bermain dalam drama ‘Her Private Life’. Berperan sebagai kurator sebuah museum seni, Park Min Young sering memberikan sentuhan manis pada busana kantornya. Misalnya penggunaan warna pink.

Ia juga terlihat mengenakan setelan jas, namun dipadukan dengan celana bermodel flared. Tak lupa ia juga menambahkan sentuhan aksesori dan tas mungil yang lucu.

Gaya office look Park Min Young  saat bermain dalam drama ‘Her Private Life’. (Dramacool.info)

Menurut Kritikus Mode Sonny Muchlison, budaya K-Pop dalam hal fashion sebetulnya merupakan adaptasi dari budaya Barat seperti Amerika dan Eropa yang dimodifikasi. Berhubung Korea merupakan bagian dari Asia dengan budaya Timur dan memiliki postur yang lebih pendek, maka segala ukuran busana juga disesuaikan.

“Misalnya kalau di luar negeri di Anerika dan Eropa identik dengan blazer panjang-panjang atau coat. Maka karena orang Korea pendek-pendek, lucu juga nih kalau dipotong jadi selutut. Hal itu ditiru oleh masyarakat di Indonesia. Tak asli dari Korea, itu adaptasi dari negara Barat. Sama seperti warna-warna rambut yang blonde dan merah atau lainnya,” ungkap Sonny.

Maka hal itu juga berpengaruh pada gaya Office Look ala Korea Style. Warna yang dipilih biasanya akan terlihat lebih chic dan pastel. Untuk menyesuaikan gaya Office Look ala Korea Style, berikut 5 tips padu padan menurut Sony.

Blazer dan Celana

Menurut Sonny, berbagai gaya Office Look Korea jauh lebih bersifat semi formal. Maka salah satunya dengan menggabungkan busana blazer dan celana panjang. Namun untuk terkesan lebih santai, biasanya lengan yang digunakan adalah lengan 7/8 atau lengan 3/4 agar tak terkesan terlalu formal.

Rok dan Blouse

Park Min Young mengenakan atasa blouse dengan paduan rok pensil selutut dalam drama ‘What’s Wrong With Secretary Kim’. (Soompi)

Biasanya blouse yang dipilih adalah blouse simple dengan detail-detail feminin. Rok yang dipilih juga bisa bergaya A Line atau rok pensil untuk membuat gaya lebih feminin. Ciri khas lainnya dengan memasukkan busana blouse ke dalam rok agar terkesan lebih rapi.

Busana 2 Piece

Sonny menyarankan busana yang lebih simple untuk mereka yang bertubuh kurus atau ramping lebih baik mengenakan busana 2 piece. Sehingga hanya membutuhkan atasan seperti kemeja dan bawahan seperti rok atau celana.

Busana 3 Piece

Sonny mengusulkan bisa memilih busana dress untuk bagian dalam. Kemudian dipadukan dengan celana sehingga mirip seperti gaya tunik. Kemudian bisa digabungkan dengan kemeja di bagian luar atau blazer. Menurut Sonny gaya itu tetap nyaman dan cocok untuk mereka yang bertubuh gemuk.

Rok Tutu

Rok tutu juga bisa digunakan untuk memberi kesan feminin. Tak harus pergi ke pesta, rok tutu bisa dipakai untuk kerja atau office look. Pemilihan warna dan detail tile jangan terlalu ramai sehingga tetap menimbulkan kesan semi formal. Kemudian bisa digabungkan dengan kemeja atau blazer. Maka penampilan akan semakin keren.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani