Keren, Desa Sumbergondo Batu Punya Alat Pembakar Sampah dengan Filter Udara

Alat pembakar sampah di Desa Sumbergondo

KOTA BATU – Cara berbeda dilakukan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu dalam menanggulangi sampah warga. Mereka berinovasi menggunakan teknologi incenerator dengan filter udara.

Incinerator merupakan alat pembakar sampah yang dioperasikan dengan pembakaran pada suhu tertentu sehingga sampah dapat terbakar habis.

Anggota Karang Taruna (Kartar) Desa Sumbergondo, Anditya Fitrawan mengatakan, fasilitas itu bermula dari kekhawatiran anggota (Kartar) yang prihatin dengan permasalahan sampah yang kian tak terbendung di Desa Sumbergondo. Akhirnya pada September 2018 lalu, dibuatlah incenerator untuk mengatasi persampahan.

“Kita prihatin dengan permasalahan sampah yang tak kunjung terselesaikan. Masyarakat juga masih banyak yang membuang sampah sembarangan. Saat itu pada September 2018 berinisiatif membuat Incenerator ini, yang berfungsi secara otomatis apabila ada sampah,” ujarnya.

Untuk cara mengoperasikan cukup mudah. Tidak perlu ada tenaga manusia untuk membakar. Misalnya setiap kepala keluarga (KK) yang memiliki sampah 3 karung besar, tinggal dimasukkan saja di mesin ini nanti secara otomatis alat itu akan memanas dan membakar dengan sendirinya.

Melalui cara sampah akan diubah menjadi abu, gas sisa hasil pembakaran, partikulat, dan panas. Sayangnya, alat yang dibuat dengan anggaran sekitar Rp 62 juta per unitnya ini masih dianggap belum menyadarkan masyarakat untuk peduli lingkungan.

“Karena kita lihat masyarakat masih sangat sulit membuang sampahnya di sini. Mereka masih membuang di sungai. Saat ini untuk terus mengajak masyarakat peduli lingkungan kita memberdayakan jasa pengangkut sampah. Jadi yang rumahnya jauh dari lokasi nanti bisa diangkut,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina