Keren dan Futuristik, Jajaran Mobil Konsep di GIIAS 2019

JawaPos.com – Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 membawa tema ‘Future in Motion’. Dengan tema tersebut, GIIAS 2019 tidak hanya menampilkan mobil-mobil terbaru kepada para pengunjung. Lebih dari itu, sejumlah mobil konsep masa depan dengan teknologi mutakhir juga mejeng di event yang berlokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang itu.

Beberapa mobil konsep yang mejeng tentu saja terlihat keren dan futuristik. Itu menjadi daya tarik tersendiri dari para pengunjung. Berikut mobil-mobil konsep di GIIAS 2019.

Daihatsu
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di GIIAS 2019 tak menghadirkan produk otomotif terbaru atau mobil anyar. Namun begitu, ADM dengan pede melenggang di GIIAS 2019 dengan membawa dua buah mobil konsep. Mobil konsep tersebut adalah Daihatsu Hy Fun dan Daihatsu Xenia Sport Concept.

Untuk Daihatsu Hy Fun, mobil tersebut kentara sekali merupakan sebuah mobil konsep yang mengusung teknologi autonomous. Mobil tersebut dikatakan Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra dihadirkan untuk tujuan melihat tanggapan dari masyarakat Indonesia mengenai tren dunia otomotif pada masa depan.

Mobil konsep Daihatsu Hy Fun di GIIAS 2019 (Rian Alfianto/JawaPos.com)



Seperti bisa dilihat dalam gambar, mobil membawa desain yang sangat futuristik. Mobil dengan desain dua buah pintu slider yang bakal mengakomodir keluar-masuk penumpang. Jok depannya juga bisa diputar menghadap ke penumpang belakang, menyiratkan bahwa mobil ini memiliki kemampuan mengemudi sendiri untuk mengantar penumpang.

Masih dari Daihatsu, mereka juga membawa mobil konsep lainnya. Selain Daihatsu Hy Fun yang merupakan mobil masa depan dengan fitur canggih otonom, ADM juga membawa mobil konsep konvensional saat ini yakni Daihatsu Xenia Sport Concept.

Mobil konsep Daihatsu Xenia Sport Concept di GIIAS 2019 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Daihatsu Xenia Sport Concept tampak jelas merupakan versi modifikasi dari mobil MPV Xenia. Tidak ada yang istimewa dari mobil tersebut, hanya tampak perubahan di sektor exterior seperti ubahan velg, side skirt bemper depan dan belakang menghiasi mobil tersebut. Sementara di bagian interior juga masih sama dengan Xenia biasa, hanya trim dan bungkusan joknya diberikan sedikit sentuhan jahitan berwarna hijau.

Toyota dan Lexus
Bergeser ke vendor lain yang juga membawa mobil konsep adalah Toyota dan brand mewahnya Lexus. Toyota di GIIAS 2019 membawa mobil konsep dengan tajuk Fine Comfort Ride (FCR). Mobil ini bukanlah mobil baru, Toyota sebelumnya sudah memamerkan mobil ini di gelaran otomotif Tokyo Motor Show pada 2017.

Mobil konsep Toyota FCR (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Toyota FCR sebagai mobil konsep membawa desain yang futuristik. Lihat saja pada gambar, mobil ini benar-benar menampilkan kesan mobil masa depan yang canggih dengan teknologi otonom yang bisa mengemudi sendiri.

Selain Toyota, brand saudara mereka yang memproduksi mobil mewah, Lexus juga menghadirkan mobil konsep. Yang dibawa Lexus di GIIAS kali ini adalah konsep SUV masa depan Lexus LF-1 Limitless.

Mobil konsep Lexus LF-1 Limitless (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Lexus LF-1 Limitless dikatakan pihak Lexus Indonesia merupakan representasi dari mobil masa depan Lexus. Mobil tersebut tampak mewah, dengan kelir emas di boothnya. Tidak seperti mobil konsep serupa milik Daihatsu dan Toyota, Lexus LF-1 Limitless kendati membawa konsep otonom dari segi desain masih mengemas bentuk seperti mobil konvensional. Meski begitu, beragam fitur canggih diklaim ditawarkan di mobil tersebut.

Suzuki
Selain Daihatsu, Toyota dan Lexus, yang tak ketinggalan memamerkan mobil konsep adalah Suzuki. Di GIIAS 2019, Suzuki menghadirkan tiga mobil konsep sekaligus yakni Suzuki Jimny Tough Concept, Suzuki All New Ertiga Luxury Concept, dan kendaraan niaga Suzuki New Carry Fluzh Concept.

Mobil konsep Suzuki Jimny Tough Concept (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Suzuki Jimny Tough Concept berbasis dari Suzuki Jimny generasi ke empat varian 4×4 terbaru yang dihadirkan Suzuki di Indonesia. Model ini dikatakan hanya diproduksi di pabrik Suzuki di Kosai, Shizuoka, Jepang.

Mobil konsep di booth Suzuki ini semakin menguatkan Jimny sebagai mobil off-road sejati yang lahir perdana pada 1979 silam. Jimny berwarna hijau tua ini dilengkapi dengan ban lumpur, winch, lampu kabut, lampu LED di atas atap bagian depan, dan tentunya memiliki ground clearance tinggi untuk melahap medan jalan yang berat.

Mesin Suzuki Jimny terbaru menawarkan kemampuan offroad untuk menghadapi berbagai kondisi medan jalan dengan mode berkendara 2H, 4H, dan 4L. Di Indonesia, Suzuki Jimny ditawarkan dalam 4 varian yakni Single tone MT (Rp 315,5 juta), Two tone MT (Rp 317,5 juta), Single tone AT (Rp 328 juta), dan Two tone AT (Rp 330 juta).

Mobil konsep Suzuki All New Ertiga Luxury Concept (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Selain Jimny, ada juga konsep yang lain yang dipajang Suzuki Indomobil Sales (SIS) di booth-nya di GIIAS 2019. Mobil tersebut adalah All New Ertiga Luxury Concept dan kendaraan niaga Suzuki Carry pickup yang baru.

Mobil konsep Suzuki Carry pickup (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Mobil tersebut hadir di GIIAS 2019 sebagai versi modifikasi dari all new Carry pickup. Mobil tersebut hadir dengan keli biru mengkilap nan memikat mata. Ubahan velg besar dan ceper membuat mobil pickup tersebut tampak beda dari pickup kebanyakan sebagai kendaraan niaga.

Teknologi yang Ditawarkan

Mobil-mobil konsep tersebut di atas, beberapa adalah mobil yang belum dirilis ke pasaran. Sebagai mobil konsep, mobil tersebut bisa jadi saat peluncurannya akan membawa bentuk, teknologi, fitur dan fungsionalitas yang berbeda dari yang dipamerkan.

Meski begitu, kendaraan konsep yang mejeng di GIIAS 2019 beberapa di antaranya menawarkan gagasan teknologi energi baru dan terbarukan. Mengikuti isu lingkungan, mobil-mobil konsep tersebut hadir dengan fitur dan teknologi yang ramah lingkungan. Teknologi penggerak atau mesin misalnya.

Mobil konsep seperti Daihatsu Hy Fun, Toyota FCR dan Lexus LF-1 Limitless membawa mesin listrik sebagai pokok tenaganya. Lexus bahkan mengaku siap dengan sejumlah pilihan mesin yang ramah lingkungan sesuai dengan target dan kesiapan di pasar tujuannya. Mesin tersebut seperti mesin hybrid, hidrogen dan tentunya elektrik.

Selain isu lingkungan dengan mengedepankan mesin yang paling ramah lingkungan, mobil konsep tersebut juga menawarkan gagasan kemudi otonom atau Autonomous Vehicles (AV). AV digadang-gadang menjadi masa depan sebuah kendaraan dengan menawarkan kemudahan bagi penggunanya yang menyajikan fitur yang serba otomatis, termasuk mengantarkan penumpang sampai ke tujuan tanpa harus mengemudi sendiri.