Keren, 22 Penulis Perempuan “Curhat” di Buku Aku Memilih Bahagia

KOTA MALANG – Apa jadinya jika 22 penulis perempuan yang memiliki berbagai kisah hidup dan profesi yang berbeda membuat buku. Akan sangat inspiratif dan variatif tentunya. Melalui Roadshow Hidup Ini Indah, Beib, yang diadakan di Toga Mas, Kota Malang pada, Sabtu (8/12) para penulis buku ketiga dari serial Hidup Ini Indah, Beib (HIIB) mampir ke Kota Malang dan menyapa para wanita yang ingin selalu bahagia.

Aku Memilih Bahagia sendiri adalah lanjutan dari seri awal HIIB dimana seri pertama terbit pada 2014 lalu berjudul sama, kemudian disambung dengan seri kedua dengan tema Womenpreneur berjudul Otot Kawat Balung Wesi pada 2016 silam.

“Yang ketiga ini mengambil anthology seri Single Fighter Woman, jadi masih dengan konsep serial yang sama tapi intinya adalah mengambil keluh kesah perempuan menjadi tulisan yang inspiratif dari berbahai angle,” ujar Heti Palestina Yunani, salah satu penulis di buku Aku Memilih Bahagia sekaligus editor buku ini.

Wanita yang berprofesi mulai dari Tour Guide Profesional, Announcer Radio, Translater Bahasa Jepang hingga Penulis dicampur baur dalam buku ini.

Heti Palestina Yunani, editor sekaligus salah satu penulis di buku Aku Memilih Bahagia ini mengatakan buku ini memang dibuat oleh para single fighter woman.



“Singlenya dibagi tiga, lajang belum menikah, lajang karena setelah menikah belum menikah lagi, yang ketiga adalah lajang dalam tanda kutip,” paparnya.

Lajang dalam tanda kutip maksudnya adalah dia sudah menikah atau sudah punya pasangan tapi dia merasa bagaimanapun orang tetap lajang dengan cara survival dengan cara hidupnya sendiri sendiri.

Kisah hidup berupa esai dari pengalaman pribadi ini tidak langsung akan memotivasi dan menginspirasi secara positif wanita yang ada di Indonesia.

“Semua harus menikmati aktivitas yang dia cintai, harus bergulat apa yang nyaman dengan diri, contohnya seperti melakukan apa yang jadi kecintaan kita, banyak berteman, yang ketiga itu berkarya,” ujar Heti saat ditanyai bagaimana tips agar bahagia.

Heti berkata buku ini juga sebagai bahan yang mengajak para wanita untuk berkarya dalam bentuk tulisan. Ia juga mengatakan pasti para perempuan ada masalah yang mereka hadapi dan mereka pendam.

“Maka dari itu buku ini sebagai media kontemplasi kita semua, wanita single fighter, karena hidup ini indah, salah satu cara kita writing is healing,” tutup Heti.

Selain Heti, Penulis buku ini adalah Achidaivasti, Angelia Merry, Anieta Yu, Dian KD, Dian Na, Didi Cahya, Elde Firda, Irmia Fitriyah, Miming, Monique Aditya, Nur Badriyah, Reffi Dhinar, Sinta Candra Sari, Syska La Veggie, Titie Surya, Triyana Damayanti, Wina Bojonegoro, Windy Caesar, Yanti S Sastro Prayitno, Yenni Sampoerno, Yoni Astuti. Mereka semua tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam talkshow di Kota ketiga setelah Surabaya dan Lombak juga turut diadakan bincang cantik bertema Selalu Muda, Selalu Bahagia bersama Dr. Andita Garindra, Dokter Estetika Esther House of Beauty.

“Intinya ada banyak cara atau ada banyak hal untuk bahagia, untuk wanita salah satunya kalau wanita dibilang awet muda pasti bahagia,” pungkas Andita.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido