Kerap Dikaitkan dengan Narkoba, Pegiat Hip Hop di Malang Adakan Acara Ini

Citra hip hop sebagai musik yang erat kaitannya dengan narkoba dan alkohol semakin melekat di benak masyarakat Indonesia

MALANG KOTA- Citra hip hop sebagai musik yang erat kaitannya dengan narkoba dan alkohol semakin melekat di benak masyarakat Indonesia.

Apalagi, setelah legenda musik hip hop Indonesia, Iwa K, tersandung masalah narkoba. Hal ini mendorong salah satu penggiat hip hop di Malang, Kevin Pitball, mengulik lebih dalam tentang hip hop dan narkoba.

“Sebenarnya tidak hanya Iwa K. Banyak juga rapper di Amerika yang tersandung kasus narkoba, sehingga hip hop identik dengan narkoba.

Melalui acara ini, kami ingin membantah image tersebut. Bukan berarti saya suka dan aktif di hip hop, saya juga seorang pemakai narkoba,” jelas pria yang juga aktif dalam grup hip hop, Samlion, ini.

Melalui film dokumenter berjudul ‘Planet Rock – The Story of Hip-Hop, The Crack Generation’ ini, masyarakat diajak mengerti bagaimana perkembangan narkoba di Amerika hingga mempengaruhi budaya pop, salah satunya hip hop. “Biar orang-orang tahu sejarahnya dulu, baru kita sharing-sharing dengan pemateri tentang isu yang terkait,” ucapnya.



Acara yang diadakan di Coffe & Chef ini diisi langsung oleh dua pegiat musik hip hop di malang, Pelle dari ‘Yodsi Picaso and Friends’ dan Obien dari ‘Samlion & Boosdoener’ pada Kamis malam (22/6).

Meski sempat terkendala beberapa hal, feedback positif diberikan oleh para pengunjung tentang acara ini.

Pewarta: Shintya Lutfiana
Foto: Kevin Pitball