Kerajinan Rajut FLA CROCHET dan AMIGURUMI ala A? acha Yudhaningtyas

Sebuah pesan dari sang ibu begitu membekas di benak Aflacha Yudhaningtyas. Beberapa tahun silam, sang ibu meminta kepada anak-anaknya, termasuk Aflacha, untuk memiliki minimal satu keterampilan. Petuah sang ibu itu akhirnya dia wujudkan dengan merintis bisnis Fla Crochet & Amigurumi.

Puluhan kerajinan rajut tertata rapi di meja berukuran panjang 120 sentimeter di halaman Ubud Hotel & Cottages pekan lalu. Ada yang berbentuk anak ayam, karakter Masha dalam animasi Masha & The Bear, ada pula yang berbentuk skuter. Kerajinan-kerajinan rajut itu juga dibuat colorful. Paduan warna merah-kuning, maupun cokelat-merah cukup enak dipandang.

Semua kerajinan rajut itu dibuat oleh Aflacha Yudhaningtyas bersama timnya. Harganya bervariasi. Mulai dari yang paling murah, yakni Rp 10 ribu, hingga yang paling mahal, Rp 400 ribuan per buah. Aflacha mengatakan, bisnis yang dia beri nama Fla Crochet & Amigurumi itu dirintis sejak 2015. ”Sebelumnya, saya belajar merajut dari ibu,” ujar Aflacha.

Untuk pemasaran, Aflacha mengandalkan media sosial (medsos). Salah satunya lewat akun Instagram @fla_crochet.

Selain itu, Aflacha rajin mengikuti forum-forum dan pameran. Termasuk, UKM Goes To Hotel yang digelar di Hotel Ubud & Cottages beberap waktu lalu.

Nah, dari beberapa jalur promosi dan pemasaran yang dipilih, Aflacha bisa menembus pasar nasional, bahkan hingga mancanegara. ”Saya pernah mendapatkan pesanan dari Oman untuk amigurumi. Ada 100 buah,” kata dia.

Di tengah kesibukannya memproduksi dan memasarkan kerajinan rajut, Aflacha masih menyempatkan diri untuk membagi ilmunya. Selain menjadi pembicara dalam forum atau seminar yang diadakan di berbagai daerah, Aflacha juga membua les privat.

Adapun bagi pembaca yang berminat terhadap bisnis UKM Kerajinan Rajut dan Amigurumi “FLA CROCHET & AMIGURUMI ini bisa menghubungi Aflacha Yudhaningtyas di 083831391022 Jl. Kangean No 3 Malang