Kepada Juri GSF 2019, Siswa SDN Sumbersari 2 Paparkan Strategi Jaga Kebersihan Mushola

KOTA MALANG – Siswa SDN Sumbersari 2 Kota Malang memang peka terhadap isu tata kelola lingkungan Sekolah, yakni kebersihan musholla yang setiap harinya mereka gunakan untuk salat Ashar, Dzuhur, dan Dhuha.

Siswa SDN yang saat ini sekolahnya menagalami pembangunan tersebut bakal rutin membersihkan mushollanya.

Hal itu mereka sampaikan saat tim juri Green School Festival 2019 menyambangi sekolahan mereka yang terletak di tengah kampung padat penduduk di daerah Sumbesari, Senin (13/10).

“Kan di musholla kami itu biasanya kacanya banyak debunya karena ada pembangunan. Terus juga biasanya sajadahnya berantakan, gak rapi penataan bukunya,” tutur salah satu siswa SDN Sumbersari 2 kota Malang, Khaisa Anazwa Rhamadani. “Lah tapi itu tidak ada yang membersihkan kami akan buat jadwal piket untuk membersihkan musholla kami,” imbuhnya.

Dalam jadwal piket tersebut, kata Randy, ia bakal menginstruksikan teman-temannya dari kelas 4, 5, dan 6 untuk membrrsihkan Musholla rutin setiap Senin, Selasa, dan Rabu. “Tiga kelas itu akan dijadwalkan untuk menyapu membersihkan kaca dan merapikan Alquran seusai Dzuhur atau Ashar,” ujar Khaisa.

Sementara untuk kelas 1, 2, dan 3 akan membersihkan musholla setiap hari Kamis dan Jumat. “Tapi kan kasian masih kecil jadi dibantu oleh kakak kelasnya dari kelas 4,5, dan 6. Jadi bareng-bareng,” ujarnya.

Terkait kapan dilaksanakannya, Randy berkata, ia akan menjadwalkan secepatnya setelah tim juri 2 GSF 2019 meninjau sekolah mereka. “Ya penting segera kita jadwalkan kan ini tempat ibadah kita juga. Jadi harus kita bersihkan,” tutur siswi kelas 5 ini.

Sementara itu, tim juri 2 GSF 2019 Didik Bekti Purwianto mengatakan ide-ide siswa SDN Sumbersari 2 kota Malang memang beberapa ada yang bagus, salah satunya terkait isu tata kelolah lingkungan Sekolah . “Tapi harus saya akui ada beberapa ide yang musti ditingkatkan kembali,” tuturnya.

Selain isu tata kelola sekolah, siswa SDN Sumbersari 2 kota Malang ini juga menerangkan delapan isu lainnya, yakni Sampah dan Polusi, Sekolah ramah anak ,Energi, Sekolah Segar, Inovasi teknologi, Air limbah, tanaman hujau, dan Literasi dan Publikasi Media Sosial.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia