Kenali Jamur Candida Penyebab Anus Terasa Gatal

JawaPos.com – Seseorang bisa merasa gatal pada bagian anusnya. Gatal pada bagian anus bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya jamur. Kondisi itu salah satunya disebabkan jamur Candida. Nama lengkapnya adalah Candida Albicans.

Jamur Candida bisa ditemukan pada saluran pencernaan, mulut, vagina, rektum (saluran lubang anus), dan bagian tubuh lain yang bersuhu hangat. Candida albicans tidak berbahaya tetapi mengganggu penderitanya.  “Anus gatal bisa jamur Candida. Itu adalah seperti darah kental,” kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Denpasar, Bali, dr. Laksmi Duarsa kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Rasanya gatal pada anus, memerah dan perih, serta keputihan menggumpal seperti keju. Itu terjadi di area Miss V dan bisa menyebar hingga anus.

“Bedanya kalau Candida itu, daerah tepinya enggak aktif. Warnanya meradang merah semua polos, bagian tengahnya bintik,” kata dr. Laksmi.

Secara klinis dan kasat mata, menurutnya dokter kulit bisa mendiagnosa penyakit kulit Candida pada pasien. Lalu untuk memastikan bisa dilakukan secara laboratorium.

Penyebab dan Faktor Risiko

Sebetulnya jamur Candida sudah ada di bagian permukaan kulit manusia. Namun jika berkembang lebih agresif, bisa menyebabkan infeksi jamur. Beberapa penyebab atau faktor risiko seperti infeksi karena ruam pembalut, kegemukan, diabetes, hingga sedang dalam imun yang drop.

“Lebih karena lembab biasanya. Maka harus menjaga kebersihan dan lebih higienis,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani