Kenali 3 Tanda Saat Tubuh Kekurangan Serat

JawaPos.com – Seseorang dianjurkan untuk menyantap makanan dengan gizi seimbang, salah satunya kaya serat. Serat sangat bermanfaat bagi kesehatan untuk mendukung microbiome yang sehat dalam tubuh.

Rata-rata orang biasanya hanya mencapai 16 dari 25 hingga 38 gram serat yang direkomendasikan. Data itu diungkap oleh American Journal of Lifestyle Medicine.

Dilansir dari Live Strong, Kamis (20/6), Pakar Kesehatan dari Real Nutrisi, Amy Shapiro, RD membagikan beberapa indikasi atau gejala awal ketika tubuh tidak cukup konsumsi serat. Maka mulailah mengisi piring dengan lebih banyak jenis makanan yang tepat. Kaya buah-buahan dan sayuran, untuk menunjang segala aktivitas rutinitas Anda.

Tanda 1



Ketika kehilangan banyak serat dan makanan kaya prebiotik,apalagi selama 6-8 minggu akan mengakibatkan gangguan pencernaan. Gangguan sembelit atau konstipasi bisa terjadi. Shapiro menjelaskan, dengan mencampurkan makanan seperti apel, pisang, kacang-kacangan, alpukat, dan almond pada piring bisa membantu.

“Saya selalu merekomendasikan untuk mendapatkan nutrisi dari makanan, tetapi suplemen dapat membantu ketika tidak bisa mendapatkan cukup serat dari makanan atau sulit mendapatkan makanan sehat,” kata Shapiro.

Triknya dimulai perlahan dan secara bertahap membangun konsumsi serat sampai mencapai pada batas rekomendasi. Maka akan terlihat hasilnya.

Tanda 2

Buang Air Besar (BAB) tidak teratur. Jika Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali BAB, itu adalah tanda bahaya utama bahwa asupan serat mungkin terlalu rendah. Shapiro menjelaskan, BAB harus lebih teratur.

Makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya serat seperti brokoli, bayam, jeruk, pir, dan beri (memiliki kandungan air yang tinggi, dan mengonsumsi air yang cukup adalah kunci). Keseimbangan serat yang sehat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan saat BAB.

Tanda 3

Makanan rendah serat memang lezat, tetapi makanan itu tidak begitu efektif untuk membuat tubuh lebih kenyang. Dengan banyak serat akan membuat makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat yang diproses dengan cepat. Beralihlah ke varietas gandum utuh, yang akan menghasilkan sekitar enam gram serat (dibandingkan dengan hanya 2,5 gram pasta)

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani