Kena Sejak 2003, Begini Cara Suti Karno Kendalikan Diabetes

JawaPos.com – Prevalensi penderita diabetes terus bertambah seiring gaya hidup tinggi gula dan kalori. Salah satu selebriti yang mampu mengendalikan gula darah atau diabetes adalah Suti Karno. Pemeran Atun dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu, sudah melawan diabetes sejak tahun 2003.

Saat mampir ke kantor Jawa Pos untuk promo film Si Doel The Movie 2, Suti Karno berbagi cerita tentang pengalamannya melawan diabetes. Tentu semuanya dijalaninya dengan disiplin sesuai dengan arahan dokter.

“Saya kan diabetes. Saya sudah kena sejak 2003, terkontrol sih tetapi gula darah masih di atas 200,” katanya kepada JawaPos.com.

Maka di bulan Ramadan ini, Suti pun mengikuti aturan-aturan bagi pasien diabetes untuk berpuasa. Suti Karno sudah mencobanya di hari pertama berpuasa. Namun untuk selanjutnya, dirinya memilih untuk tak berpuasa.



“Saya hari puasa pertama hanya di rumah, enggak ke mana-mana. Itu bisa kuat. Tetapi kalau sudah promo film seperti ini tentu enggak kuat ya. Air liur saya rasanya kering, habis, enggak bisa bicara jika puasa,” kata Suti Karno.

Maka dirinya tetap menjaga agar gula darahnya tetap terkontrol. Misalnya menjaga pola makan yang teratur. Suti Karno juga harus suntik insulin secara teratur.

Lalu jika Lebaran tiba dengan aneka makanan yang menggoda, Suti Karno bisa dengan mudah menahan diri. Beruntung dirinya bukan sosok pencinta kue kering dan daging sapi.

“Saya memang enggak makan daging. Kurang suka daging. Saya ini pemakan ayam. Saya biasanya kalau lebaran saat masih ada ibu saya, di rumah ibu saya. Di rumah saya enggak pernah masak,” ungkapnya.

Menurut Suti Karno, dia juga sudah menurunkan berat badannya dalam kurun waktu hitungan tahun. Semula 81 kilogram, kini 68 kilogram.

“Saya membatasi tetapi tidak puasa ketat banget. Sebab banyak teman saya terlalu ketat akhirnya kurus banget,” ungkapnya.

Karena sudah sejak tahun 2003, Suti Karno sudah memiliki alarm dari dalam dirinya kapan gula darahnya sedang naik. “Jika malam hari banyak pipis lalu banyak mengantuk, saya tahu nih gula darah saya lagi tinggi. Makanya saya enggak terlalu membatasi, kalau kepala saya puyeng keliengan banget, saya minum teh manis saja selebihnya tetap ikut saran dokter,” jelasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani