Kementerian PUPR Lirik Tiga Inovasi

KEPANJEN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melirik tiga inovasi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Tiga inovasi itu masing-masing di bidang pengelolaan sampah, sumber daya air, dan pembangunan infrastruktur. Kemarin (19/10), tim penghargaan dari Kementerian PUPR datang untuk melaksanakan tinjauan lapangan di Kabupaten Malang.

”Kabupaten Malang termasuk sebagai 10 kabupaten dan kota terbaik yang terpilih oleh Kementerian PUPR atas inovasi yang sudah kami laksanakan,” kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Cipta Karta (DPKPCK) Wahyu Hidayat. Di bidang pengelolaan sampah, ada inovasi waste of energy yang diterapkan di tempat pembuangan akhir (TPA).

Untuk inovasi di bidang sumber daya air, ada teknologi pengelolaan embung yang dilirik. Sementara di bidang infrastruktur ada teknologi mikrohidro di Sumber Maron yang dilirik. Ketiga inovasi itulah yang kemarin dicek rombongan yang dipimpin Staf Ahli Menteri PUPR Baby Setiawati. ”Setelah rapat bersama di ruang sekda, tim tersebut langsung meluncur ke lapangan TPA Talangagung, TPA Paras, dan TPA Mulyorejo,” tambah Wahyu. Tim tersebut rencananya masih akan melakukan peninjauan lapangan sampai hari ini (20/10).

Jika lolos dalam tahap kunjungan lapangan, ketiga program tersebut bakal direplikasi kabupaten/kota se-Indonesia. ”Program ini dilihat Kementerian karena sudah berjalan, bukan baru, dan sudah siap untuk direplikasi karena telah memberikan dampak yang nyata,” tutup Wahyu.

Pewarta: Farik Fajarwati
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Bayu Mulya