Kementan Pastikan Pasokan Cabai dan Bawang Merah Aman Hingga Maret

JawaPos.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementerian Pertanian memastikan pasokan komoditas cabai serta bawang merah tetap aman hingga Maret mendatang. Hal ini agar masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Plt Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Sukarman mengatakan, berdasarkan hasil monitoring dan pantauan lapangan, komoditas tersebut masih cukup aman. Pantauan dilakukan di empat titik lokasi, yakni Kecamatan Pagu dan Ploso Klaten di Kabupaten Kediri serta Kecamatan Talun dan Udan Awu di Kabupaten Blitar.

“Secara kumulatif terdapat terdapat lahan siap panen sekitar 900 hektare di Kabupaten Kediri dan 750 hektare di Kabupaten Blitar. Kediri dan Blitar selama ini memang masih menjadi barometer harga untuk pasar Jabodetabek khususnya untuk cabai rawit merah,” ungkapnya dalam siaran pers, Jumat (10/1).

Saat ini, harga rata-rata jual di tingkat petani sebesar Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per Kilogram (Kg). Meskipun dikatakan siap panen, ia mengakui bahwa adanya sedikit penurunan pasokan karena kondisi tanaman pertengahan 2019 lalu kurang baik.

“Jadi pertanaman ini merupakan hasil panen petik ujung sisa pertanaman pada pertengahan 2019 lalu. Panen selebihnya belum merah sempurna sehingga diperkirakan Februari awal kembali terjadi peningkatan ketersediaan panen,” paparnya.

Ia juga menugaskan kepada seluruh petugas dan masyarakat tani di Kediri dan Blitar agar dapat meningkatkan kemampuan produksi. Caranya dengan memanfaatkan benih unggul hybrid maupun lokal yang bebas virus kuning.

“Selain itu menerapkan sistem budidaya yang ramah lingkungan melalui perlindungan lahan/border refugia maupun penggunaan pupuk organik dan pestisida nabati,” jelasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking