Kembangkan Kampus, UB Lirik Kepanjen

KEPANJEN – Universitas Brawijaya (UB) Malang melirik Kecamatan Kepanjen untuk pengembangan kampusnya. Serangkaian tahap persiapan sudah dilakukan antara UB dengan pemkab.

Kemarin (10/7) Plt Bupati Malang H.M. Sanusi meninjau lahan yang rencananya bakal dihibahkan kepada UB. Lokasi lahan tersebut berada di Kelurahan Kepanjen dan Cempokomulyo. Luasnya 28 hektare.

”Semoga cocok dan layak untuk Universitas Brawijaya,” terang Sanusi di sela-sela peninjauan.

Camat Kepanjen Abai Saleh dan Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Malang Subur Hutagalung tampak mendampingi Sanusi. Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS sebenarnya dijadwalkan hadir.

”Pak Rektor berhalangan hadir karena sedang menghadiri undangan dari menteri. Tidak apa-apa, biar nanti kami membuat jadwal lagi untuk melihat lahan ini,” imbuh Sanusi.



Dia menambahkan, rencana hibah tersebut bermula dari permintaan Universitas Brawijaya untuk pembangunan fakultas kedokteran. Gedung yang saat ini ada di Kota Malang dikabarkan tak lagi muat untuk pengembangan gedung.

Bagi Pemkab Malang, Sanusi melanjutkan, rencana itu adalah peluang yang baik. ”Jika memang fakultas kedokteran jadi diletakkan di sini, paling tidak ada dua keuntungan yang bisa kami (Pemkab Malang) dapatkan.

Pertama, berkenaan dengan kebutuhan calon dokter di Kabupaten Malang, kedua terkait dengan perkembangan ekonomi di sekitar Kepanjen,” papar politikus PKB tersebut. Status lahan yang rencananya bakal dihibahkan itu adalah bekas tanah kas desa (bengkok).

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya