Kemarau, Harus Disiram Hampir Tiap Hari

Rumput yang ditanam di area golf bukanlah rumput biasa. Yang paling bagus adalah rumput termuda. Dalam bahasa latin, rumput ini diberi nama Cynodon dactylon. Rumput ini lebih dikenal sebagai rumput golf karena sering kali ditanam di lapangan golf. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dengan lebar 2–15 cm dan 1–30 cm. Rumput golf memang terbilang rumput hias yang mahal. Selain harga bibitnya lebih tinggi daripada rumput-rumput hias yang lain, rumput ini juga sangat membutuhkan perawatan secara rutin.

Manajer Araya Golf Rusdianto menyatakan, rumput di padang golf membutuhkan media tanam yang memiliki saluran air lancar.

”Penyiraman air ke rumput adalah kebutuhan nomor satu. Namun, penyiraman juga harus sesuai dengan kebutuhan rumput. Jangan sampai rumput terkena air yang berlebih hingga tergenang,” kata Rusdianto.

Bentuk perawatan yang harus diberikan kepada rumput golf tidak sama seperti rumput taman. Sebab, kebanyakan rumput taman lebih mudah dirawat karena luas lahannya tidak seberapa. Rumput taman pun tidak mengharuskan kondisi tertentu, asalkan rumput tumbuh subur dan rapi, perawatan itu sudah beres. Berbeda dengan rumput golf. Sebab, kondisi rumput akan sangat memengaruhi kelancaran proses permainan golf.

Rumput golf selain harus disiram secara berkala juga perlu dipupuk, dipangkas, serta dijauhkan dari hama dan penyakit agar kondisinya selalu siap untuk digunakan bermain. Namun, penyiraman rumput juga harus memperhatikan kondisi cuaca.



”Bila saat musim hujan, kami sangat tertolong dengan bantuan penyiraman dari air hujan. Namun, saat memberikan pupuk, rumput juga perlu disiram secara manual,” bebernya.

Sementara itu, saat musim kemarau, rumput harus disiram setiap hari dengan menggunakan sprinkle. Sprinkle merupakan alat penyiram rumput yang praktis. Hanya dengan berdiam di satu titik, alat tersebut sudah dapat menyiram dengan berputar.

”Namun selain menggunakan sprinkle, juga harus tetap dipantau. Sebab, bila terkena angin, air terkadang tidak menjangkau beberapa spot rumput. Maka dari itu, rumput perlu disiram secara manual dengan selang,” paparnya. Karena sekarang adalah musim kemarau, maka saat-saat inilah yang paling menyusahkan dalam perawatan rumput di lapangan golf.

Pewarta: Daviq Umar
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Indah Setyowati