Keluarga Shinta Kecewa dengan Kemenlu | JawaPos.com

Keluarga Shinta Kecewa dengan Kemenlu | JawaPos.com



JawaPos.com – Shinta Putri Dian Pertiwi tewas tenggelam di Danau Trebgaster, Bavaria, Jerman, beberapa waktu lalu. Hingga kini, belum ada kepastian soal pemulangan jenazah mahasiswi asal Malang tersebut. Pihak keluarga justru mendapatkan informasi yang simpang siur terkait pemulangan jenazah Shinta.


Ibunda Shinta, Umi Salamah mengaku mendapat info terbaru dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada Senin (20/8) malam sekitar pukul 00.01. “Saya di WA (WhatsApp) kalau jenazah Shinta akan datang ke Indonesia pada 23 Agustus mendatang,” ujar Umi Salamah saat ditemui JawaPos.com, Selasa (21/8).





Pemberitahuan resmi dari Kemenlu rencananya disampaikan pagi ini. Namun pemberitahuan tak kunjung datang. Pihak Kemenlu sendiri tak menjelaskan nama maskapai, kargo yang menghandling, dan bukti booking kargo.


“Beliau (pihak Kemenlu) berjanji pagi ini akan disampaikan pemberitahuan resminya. Tetapi sampai pukul 12.00 WIB, belum ada pemberitahuan resmi yang dijanjikan itu. (bukti) Booking kargo tidak ada, apalagi issued cargo,” papar perempuan yang bekerja sebagai dosen tersebut.


Umi Salamah merasa ada ketidakjelasan dari pemulangan jenazah anak perempuan satu-satunya itu. Sebelumnya, Umi juga sempat dijanjikan pihak Kemenlu jika jenazah akan diterbangkan pada Jumat (17/8) malam waktu setempat.


Namun kenyataanya, hingga saat ini jenazah Shinta tak kunjung tiba di Indonesia. “Kami sudah siapkan penjemputan di Bandara Soekarno Hatta, Abd Saleh, hingga proses pemakaman. Tetapi justru tidak jelas begini,” keluhnya.


Umi Salamah merasa kecewa dengan adanya info yang simpang siur tersebut. Menurutnya, kinerja Kemenlu dan Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) tidak profesional. “Tidak benar-benar melindungi warga negara,” tegasnya.


Karena sudah tidak tahu harus berbuat apa, Umi kemudian menuliskan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat terbuka itu diunggah melalui media sosial instagram dengan mengetag (menandai) akun instagram resmi Jokowi.


Seperti diberitakan, Shinta Putri Dina Pertiwi yang sedang menempuh kuliah di Universitas Bayreuth dilaporkan tewas tenggelam di Danau Trebgaster, Bavaria, Jerman. Sebelumnya, Shinta dilaporkan hilang pada Rabu (8/8) lalu. Berdasarkan hasil otopsi, Shinta tewas karena murni kecelakaan.



(fis/JPC)