Kekeringan, PMI Jadwalkan Dropping Air

DONOMULYO Setelah kurang lebih 3 bulan kesulitan akses air bersih, kemarin (1/8) warga dari tiga dusun di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, mendapat bantuan. Armada tangki air bersih dari PMI Kabupaten Malang menyambangi mereka.

Bantuan itu pun disambut antusias warga. Dengan tertib mereka mengantre untuk mendapat air bersih. Deretan jeriken milik warga berjajar tak jauh dari mobil tangki milik PMI Kabupaten Malang tersebut.

”Mulai hari ini (kemarin) akan tiga dusun itu akan kami kirimkan air terus selama 2 hari sekali,” terang Kasubsie Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang Muji Utomo.

Satu kali penyaluran air bersih, ada 6 tangki dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter yang disalurkan. Jumlah bantuan itu diestimasi PMI untuk membantu 3.900-an jiwa.

Terpisah, Kepala Desa Sumberoto, Budi Utomo, mengakui bila kekeringan terjadi hampir di seluruh wilayahnya. Namun yang paling parah memang di tiga dusun itu,” kata dia.

Sebelum mendapat bantuan, warga sebelumnya harus merogoh kocek pribadi untuk membeli air bersih.

”Per jeriken yang berukuran satu meter kubik harganya bisa Rp 50 ribu–Rp 60 ribu,” sambung Budi.

Menurut dia, fenomena kekeringan itu memang biasa terjadi setiap tahun kala musim kemarau. ”Beberapa upaya sudah kami lakukan, seperti membuat sumur bor beberapa waktu lalu. Tapi, itu pun tidak bisa mengatasi,” tutupnya.

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya