Kedubes Amerika Didemo Massa PKS

Aksi tersebut merupakan buntut dari kebijakan Presiden Amerika, Donald Trump yang mengamini Yerusalem sebagai Ibukota Israel. Tidak hanya itu saja, Trump juga mengumumkan rencana pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Untuk diketahui, Amerika menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel.

Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta, Syakir Purnomo menyampaikan bahwa massa yang mengikuti aksi memprotes kebijakan Trump di Kedutaan Besar Amerika tidak hanya berasal dari Jakarta, melainkan dari wilayah lain.

Selain Jakarta, tercatat perwakilan dari Surabaya, Semarang dan wilayah lainnya turut meramaikan aksi tersebut. “Diperkirakan ada sekitar 200 ribu massa yang mengikuti orasi,” katanya, Minggu (10/12).


Suara dukungan terhadap Palestina dan kecamatan terhadap Amerika juga datang dari salah satu orator PKS dari Jakarta Timur. “Palestina selamatkan, Palestina selamatkan. Zionis hancurkan, zionis hancurkan,” katanya menyemangati peserta aksi.

Sementara itu, salah satu peserta aksi, Desi mengatakan mengikuti aksi sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama Muslim. “Kita ikut berpartisipasi untuk mendukung persaudaraan islam,” kata Ibu yang datang dengan seluruh keluarganya dan membawa atribut bendera Palestina ini.

Orasi tersebut rencananya akan selesai pada pukul 11.30 WIB.


(ipy/JPC)