Kecepatan Angin di Sumber Brantas Capai 90 KM/jam, BPBD Kota Batu Siapkan Posko Evakuasi

KOTA BATU – Kecepatan angin di kawasan Desa Sumber Brantas, Kota Batu terus mengalami peningkatan. Kecepatan angin pagi tadi (17/11) tercatat 48 KM per jam, kini naik menjadi 90 KM per jam. Kondisi tersebut membuat sejumlah bangunan rusak dan pepohonan tumbang.

“Dari pantauan terakhir, yang rusak parah adalah rumah milik Sriono warga Jurang Kwali Desa Sumber Brantas. Yang lainya masih dalam pendataan,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim. Ia juga menjelaskan tak hanya atap rumah rusak dan pohon tumbang, listrik di kawasan Desa Sumber Brantas kembali dilumpuhkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Disinggung evakuasi warga, Rochim membeberkan bahwa pihaknya masih belum memberikan intruksi untuk hal tersebut. Namun BPBD Kota Batu telah menyiapkan posko evakuasi di Balai Desa Tulungrejo, sehingga bagi warga yang ingin mengungsi bisa menuju lokasi tersebut.

“Kami juga menghimbau kepada tim kami untuk tidak menyalakan sirine agar tidak menggugah trauma warga Sumber Brantas karena peristiwa sebelumnya,” imbuh Rochim. Hingga berita ini diturunkan, terpantau tempat wisata Coban Talun dan Cangar telah ditutup serta akses menuju kawasan Desa Sumber Brantas juga telah ditutup rapat.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia