Kecelakaan Saat Kampanye, Istri Pangeran Kamboja Tewas

Kecelakaan Saat Kampanye, Istri Pangeran Kamboja Tewas

JawaPos.com – Pangeran Kamboja Norodom Ranariddh dan istrinya Ouk Phalla mengalami kecelakaan di jalan raya di Provinsi Preah Sihanouk. Kecelakaan itu terjadi ketika taksi dari arah yang berlawanan menghantam iring-iringan mobil yang mereka tumpangi.

Pangeran Ranariddh, 74 tahun, yang merupakan kandidat pada pemilu yang akan datang langsung diterbangkan ke Phnom Penh untuk perawatan lebih lanjut. Sedangkan istrinya Ouk Phalla meninggal di rumah sakit terdekat.

“Kematian Ouk Phalla sama dengan hilangnya pahlawan nasional untuk Partai Funcinpec,” kata salah satu anggota Partai Funcipec dilansir Straits Times Senin, (18/6). Salah satu anggota partai itu juga telah mengonformasi kematian Phalla tetapi menyatakan, Pangeran Ranariddh diperkirakan akan pulih. Namun detail tentang lukanya tidak diberi tahu.

Pangeran Ranariddh yang merupakan Presiden Partai Funcipec melakukan perjalanan dari kota tepi sungai Kampot ke Preah Sihanouk (AP)

Pangeran Ranariddh yang merupakan Presiden Partai Funcipec melakukan perjalanan dari kota tepi sungai Kampot ke Preah Sihanouk. Ini merupakan bagian dari kampanye untuk pemilihan nasional kontroversial yang ditetapkan untuk 29 Juli.

Pangeran Ranariddh selama ini dikenal memiliki karir politik yang penuh pergolakan dan lika liku. Ia kembali ke politik pada 2015 untuk memimpin Partai Funcinpec beberapa tahun yang lalu.

Pada 1997, ia digulingkan sebagai perdana menteri dalam kudeta berdarah. Sejak kembali ke politik, ia bersumpah untuk bekerja dengan mantan Perdana Menteri Hun Sen yang merupakan saingannya.

Selama ini kecelakaan lalu lintas memang jadi penyebab utama kematian di Kamboja. Sebab aturan lalu lintas di negara tersebut masih lemah.

(iml/JPC)