Kebakaran Gunung Panderman Dekati Hutan Produksi, 2 Titik Area Terbakar Belum Terkendali

Kepulan asap kebakaran masih terlihat di Gunung Panderman, Senin (22/7)

KOTA BATU – Dua dari titik api yang terbakar di kawasan Gunung Panderman hingga saat ini masih belum bisa dikendalikan. Bahkan saat ini api mulai merembet ke kawasan hutan produksi, oleh sebab itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu berencana akan membuat pos pantau yang akan ditempatkan di kawasan pacuan kuda.

“Kami masih melakukan pembabatan area sebagai batas agar api tak terus melebar ke hutan produksi. Karena jarak api kini semakin mendekati hutan produksi,” ungkap Achmad Choirur Rochim Kasi Kedaruratan BPBD Kota Batu. Ia juga mengungkapkan pendirian pos pantau akan dilakukan pada sore hari jika api masih belum padam.

Lebih lanjut, pada area kebakaran di titik yang mendekati puncak Gunung Panderman saat ini sudah bisa dikendalikan. Sementara itu pada titik api kawasan lereng gunung dan titik api yang berada di area Panderman Hill masih belum terkendali hingga saat ini.

“Kami usahakan untuk tidak mendekati area hutan produksi. Kami hanya terkendala luasnya area sehingga pembabatan yang dimaksudkan untuk batas api membutuhkan waktu lebih,” papar Rochim. Ia juga berharap titik api bisa segera dikendalikan sehingga potensi terjadinya hal yang tidak diinginkan bisa ditekan dan memperkecil kerugian yang ada.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Choirul Anwar