Ke Pasar Lawang, Mendag Janjikan Pasar Dibangun Ulang Pemerintah Pusat

LAWANG – Pemerintah pusat akan mengambil alih pembangunan Pasar Lawang yang mengalami kerusakan pasca kebkaran beberapa waktu lalu. tak hanya pemerintah pusat, namun pemerintah provinsi dan daerah juga akan ambil bagian dalam proyek tersebut.Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita saat melakukan kunjungan ke Malang hari ini (31/5).
Menurut Enggar, pengambil alihan tersebut juga merupakn instruksi dari Wakil Presiden RI,.Jusuf Kalla. menurutnya, Pemkab Malang telah melakukan kerja sama dengan pihak ke-3 atau swasta untuk membangun kembali pasar Lawang tersebut namun tidak sampai tuntas.

“Pasar ini semula dikerjasamakan dengan pihak ke-3 dengan swasta dan itu dimana-mana wajar Public-Private Partnership, tapi sudah selesai,” ujarnya.

Untuk menuntaskan pembangunan kios-kios yang terbakar tersebut, ia mengatakan pemerintah sendiri yang akan menghandle pembangunan ulang pasar tersebut. Bukan tanpa alasan, tambah Enggar, sebab Wakil Presiden, Jusuk Kala sendiri yang menginginkan pembangunan tersebut dilakukan pemerintah.

“Iya ini nanti kami (pemerintah) ambilah. Itu juga yang diinginkan pak Wapres, JK agar pemerintah yang menghandel ini,” tambahnya.

Selain itu, pembangunan ulang keseluruhan Pasar Lawang tersebut dijanjikan mengingat sudah 20 tahun pasar tersebut belum direnovasi.

“Jadi itu kita akan bangun juga seluruh Pasar Lawang karena kan sudah 20 tahun belum direnovasi, bukan hanya kios yang terkena dampak,” tuturnya.

Namun, Enggar menjelaskan pembangunan ulang tersebut membutuhkan waktu. Harus melalui pembuatan design pasar dan juga penganggaran.

“Design pasarnya harus lebih baik dan itu butuh waktu. Dan juga anggarannya ini harus dibicarakan,” kata Enggar.

Perlu diingat, nantinya bukan hanya pemerintah pusat saja yang akan menganggarkan dari APBN, tapi juga ada kerjasama dengan pemerintah provinsi, dan daerah dari APBD provinsi dan juga daerah.

Ya nanti kami sharing lah. APBN, APBD Provinsi, dan APBD kami duduk bareng bertiga,” ujar Enggar.

Pewarta: bob Bimantara
Foto: Bob Bimantara
Penyunting: Fia