KBRI Lebanon Kampanye Islam Rahmatan Lil Alamin di Kampus Unisma

Unisma

MALANG KOTA – Islam rahmatan lil alamin atau Islam yang menyebar kebaikan kepada seluruh alam, diharapkan bisa diterapkan di semua kampus di Indonesia. Untuk itu, Rabu lalu (9/5) pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lebanon dan perwakilan kampus di Lebanon menggelar kunjungan ke kampus Universitas Islam Malang (Unisma).

Selain itu, pertemuan itu juga dalam rangka menjembatani kerja sama kampus di Malang dengan kampus di Lebanon. Menurut Duta Besar Indonesia untuk Lebanon Achmad Chozin Chumaidy, konsep rahmatan lil alamin diajarkan untuk menampung perbedaan bisa menjadi satu.

”Misalnya, keanekaragaman suku dan etnis, tidak menjadi pemicu konflik besar di Indonesia,” ucap Chozin.

Untuk itu, KBRI Lebanon mengadakan safari ke beberapa universitas di Malang, Bandung, dan Surabaya untuk mendukung konsep ini secara luas. Chozin sendiri menjelaskan, lawatannya bukan hanya menyosialisasikan konsep rahmatan lil alamin.

”Kami juga berupaya menjembatani kerja sama antaruniversitas, terutama dengan perguruan tinggi besar di Tripoli Lebanon,” imbuhnya.



Di Malang, kebetulan KBRI Lebanon mengunjungi Unisma. Dalam kesempatan itu, Rektor III Unisma Dr Badat Muwakhid mengapresiasi penuh langkah KBRI Lebanon sekaligus bisa menunjukkan kepada pihak Lebanon jika Indonesia meskipun berbeda bisa tetap bersatu.

Meskipun sebelumnya, dia membenarkan konsep itu sedikit menghilang dalam beberapa diskusi.

”Saat ini kami bahas Islam rahmatan lil alamin yang mulai pudar tidak pernah dibahas,” tukasnya. Dia sangat senang jika pembicaraan konsep rahmatan lil alamin naik lagi ke permukaan. Ini bisa diterapkan juga ke dalam kegiatan kampus.

”Misalnya kerja sama beasiswa dan pertukaran pelajar, konsep ini bisa kami terapkan,” ujarnya.

Al Jinan University Lebanon sendiri melalui Rektornya Prof Bassam Mahmoud Barake menyampaikan, perkara konsep rahmatan lil alamin jangan seperti angin lewat. Harus benar-benar diterapkan, khususnya ke dalam bidang akademik. Ke depan, Al Jinan University dan Unisma akan mengadakan penelitian tumbuhan sesuai konsep alam yang ada dalam Alquran.

Pewarta: Sandra Desi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Radar Malang