kartu untuk UMKM Sinergi Jawa Pos

RADARSEMARANG.ID–Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang meluncurkan penggunaan kartu identitas tunggal (single ID Card) para pelaku UMKM dan pengusaha. Kartu tersebut akan memudahkan para pengusaha saat memperpanjang izin usaha di Bumi Serasi.

“Langkah ini merupakan terobosan untuk menciptakan situasi yang menguntungkan iklim usaha,” kata Kepala DPMPTSP Valeanto Sukendro usai launching Single ID Card Usaha Kabupaten Semarang di Kecamatan Bawen, Selasa (19/12/2017).

Kartu identitas tersebut, lanjutnya, menjadikan salah satu keunggulan kompetitif dunia usaha di Kabupaten Semarang. Mereka tidak perlu lagi repot mengumpulkan bendel berkas saat memperpanjang izin usahanya. Sebab seluruh data usaha telah terekam dalam memori ID Card tersebut. Selain itu, DPMPTSP juga memfasilitasi pertemuan antara pelaku UMKM dan pengusaha besar guna memperluas jaringan pasar produk-produk UMKM. “Selama ini para pelaku UMKM harus membawa berkas persyaratan rangkap sepuluh bahkan lima belas,” katanya.

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha yang hadir pada kesempatan itu menyambut baik langkah DPMPTSP mempermudah pelayanan perizinan terutama bagi pelaku UMKM. “Pemkab Semarang memang berkomitmen untuk membantu pengembangan usaha pelaku UMKM,” ujar Ngesti.



Hal tersebut tidak terkecuali terhadap perizinan yang bisa dilayani di kecamatan. Selain itu, tidak dipungut biaya. Komitmen itu dilandasi kenyataan bahwa usaha kecil dan menengah itu ternyata dapat lebih bertahan saat krisis ekonomi.

(sm/ewb/ton/JPR)