Karpet Merah untuk Akahoshi?

KOTA MALANG – Arema FC segera punya pemain asing baru. Ini untuk menggantikan peran Pavel Smolyachenko yang resmi dicoret kemarin. Pemain asing baru yang dimaksud itu mengarah ke nama Takafumi Akahoshi (Aka).

Sebelumnya, memang santer ada beberapa nama yang dikaitkan dengan Arema. Seperti pemain asal Jepang, Ryutaro Karube. Juga ada nama mantan gelandang bertahan Perseru Serui musim 2017 dan mantan pemain Thai Honda FC klub kasta Liga 2 Thailand Ryutaro Nakano. Namun, pihak manajemen dengan tegas membantah dua nama itu. ”Bukan itu (mereka),” kata General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Selama ini Ruddy tidak menampik jika banyak tawaran pemain mengalir ke mejanya. ”Ada banyak, kalau lima (pemain yang ditawarkan) lebih, ya wajar ini kan mendekati transfer window,” kata pria asal Madiun ini.

Hanya, tim pelatih sudah menunjuk satu nama. Meski enggan menyebutkan, tapi kabarnya pemain yang diincar Arema adalah Takafumi Akahoshi (Aka). Pemain asal Jepang itu pernah bermain bersama Sylvano Comvalius di Suphanburi FC Thailand 2018 lalu.

Pemain berusia 33 tahun itu terakhir membela Foolad FC klub asal Iran, tapi kini statusnya tanpa klub. Dikabarkan besok (hari ini) dia akan tiba di Malang.



Dari video di YouTube, skill Akahoshi sepertinya lumayan bagus. Dia bermain praktis seperti gaya Arema yang memainkan umpan pendek.

Pemain dengan tinggi 175 sentimeter itu punya visi bermain yang bagus. Terlihat dan perannya tidak hanya menghentikan serangan lawan di sektor tengah, tapi juga membagi bola dan bermain sayap.

Meski enggan berkomentar mengenai pemain baru, tapi nama Akahoshi sudah cukup dikenal di dunia maya. Di beberapa akun Instagram (IG) juga mengunggah foto Akahoshi berdampingan dengan Comvalius. Kapten Arema FC Hamka Hamzah juga menanggapi foto tersebut dan mengucapkan selamat datang. ”Welkummmmm (welcome),” tulis Hamka di kolom komentar.

Sambutan Hamka tersebut mengingatkan saat kedatangan Comvalius yang sempat dirahasiakan. Pemain dengan nomor punggung 23 itu juga berkomentar di IG Comvalius dan mengucapkan selamat datang. Pemain pengganti Pavel itu rencananya akan bergabung besok (hari ini). ”Ya dilihat saja, mungkin akan segera datang,” kata Ruddy.

Jika pengganti Pavel sudah didapatkan, pemain asing dan lokal Arema masih akan tetap. ”Hanya satu saja, sementara ini pemain lokal tidak ada (yang dilepas),” kata dia. Sebab, saat ini suasana dalam tim sudah kondusif dan kekompakan pemain erat terjalin. ”Ini yang menjadi kekuatan tim Arema,” pungkas Ruddy.

Kembali ke soal Pavel, Ruddy sebenarnya ingin meminjamkan ke klub lain. ”Namun, sampai Selasa (20/8) belum ada tim yang menghubungi saya. Dan Pavel ingin pulang ke negaranya (Uzbekistan),” kata dia.

Pavel juga sempat ditawarkan ke Perseru Badak Lampung. ”Kebetulan kan saya kenal pelatihnya (Milan Petrovic), tapi mereka masih belum membutuhkan untuk posisi yang sama seperti Pavel,” lanjut Ruddy. Selama ini Pavel menjadi pemain asing yang minim memberikan kontribusi untuk Arema. Dia lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Pemain dengan posisi gelandang bertahan itu hanya bermain 167 menit untuk 4 pertandingan saat melawan Persib Bandung, Madura United, Bhayangkara FC, dan Persija Jakarta. Selanjutnya, dia absen kembali.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib