Karantina di Natuna Berakhir, 7 Warga Kota Malang Bakal Pulang Besok

WNI (Warga Negara Indonesia) menjalani karantina di Hanggar Lanud Raden Sadjad Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau . (Foto : Jawapos.com)

KOTA MALANG – Sebanyak 238 WNI (Warga Negara Indonesia) menjalani karantina di Natuna selama 14 hari. Masa karantina itu pun berakhir Jumat (14/2). Seluruh WNI yang sebelumnya tinggal di Tiongkok itu dinyatakan bebas virus Corona.

Dari 238 WNI itu, tujuh di antaranya merupakan warga Kota Malang. Bersama WNI lainnya, mereka bakal dipulangkan besok (15/2).

Meski begitu, sampai sekarang, Dinkes (Dinas Kesehatan) Kota Malang belum menerima data manifest soal tujuh warga Malang yang akan dipulangkan itu.

“Siapa saja tujuh orang dari Malang itu, kami belum bisa memastikan. Karena bisa saja itu warga beralamat Kota Malang, Kabupaten Malang ataupun Batu,” tutur Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif

Namun apapun, Dinkes siap menyambut kedatangan tujuh WNI itu. Sekaligus melaksanakan tahapan-tahapan sesuai SOP (standard operational procedure) internasional. “Sebelum, selama dan sesudah karantina, Dinkes akan melakukan surveilance (pengawasan) dan promotif,” tutur Husnul.

“Yang perlu diingat mereka sudah melalui proses (karantina). Ketika pemerintah memberi izin kepada mereka untuk kembali, tentu sudah melalui pertimbangan,” ujar dia.

Sementara itu, dari pihak Pemkot Malang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto menyatakan siap mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat. ”Saya belum monitor, yang pasti sikap Pemerintah Kota Malang, jika memang ada, kami bakal mengikuti kebijakan dari pusat,” kata Wasto.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor : Indra M