Kapolres Malang Tampik Kabar Lima Polsek Kabupaten Malang Bakal ‘Diambil’ Kota Malang

KABUPATEN – Bertepatan dengan momen naiknya tipe Polresta Malang Kota beberapa waktu lalu, isu bertambahnya cakupan wilayah Polres Malang Kota pun menguat.

Polsek Lawang, Polsek Singosari, Polsek Pakis, Polsek Karangploso, dan Polsek Dau yang saat ini masuk wilayah Polres Malang disebut bakal bergabung ke Polresta Malang Kota.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung saat dikonfirmasi, justru menyatakan belum mendengar kabar ini. Hal ini menurutnya masih rancu.

“Gak ada itu, Polsek yang mau gabung ke Polresta Malang. Perpolnya (Peraturan Kepolisian) tidak ada itu,” tukas Ujung.

Ujung menegaskan masalah perpindahan lima Polsek di wilayah hukumnya bahkan belum dirumuskan dalam Perpol yang sebelumnya keluar soal penentuan Polres Malang Kota jadi Polresta Malang Kota.

Jadi, bisa dipastikan lima Polsek tersebut masih berada di bawah lingkup kerja Polres Malang, bersama dengan Polsek lain.

“Itu kan harus ada perpolnya, jadi di perpol itu tidak ada soal pengalihan itu,” tutup Ujung menegaskan.

Seperti diketahui, wacana ini menguat usai Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan wilayah kerja beberapa Polsek di Kabupaten Malang itu dirasa lebih dekat jika masuk wilayah kerja Polresta Malang Kota. Hal ini ia rasa perlu karena dirasa lokasinya lebih dekat.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Humas Polres Malang
Editor : Indra M