Kapok! Jambret Jalibar Spesialis Emak-emak Didor Polisi

MALANG – Masyarakat Kabupaten Malang bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, salah satu penjahat yang biasanya berkeliaran menggunakan motor Kawasaki Ninja jenis 250 CC untuk mencari mangsa korban kejahatannya di sekitar Jalur Lintas Barat (Jalibar) Kabupaten Malang berhasil ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Malang.

Tersangka inisial ANS tersebut ditangkap akibat perbuatan pencurian dengan kekerasan yang ia lakukan pada 17 Februari lalu di Kawasan Jalibar.

Dalam aksinya, tersangka ANS mengaku mencari mangsa secara random atau acak. “Pelaku ini modusnya dia muter, random mencari korban, tapi kebanyakan korbannya ibu-ibu,” kata Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung.


Terakhir aksinya berhasil digagalkan polisi saat pelaku melakukan penjambretan di kawasan Simpang Empat Talangagung, Kabupaten Malang. Pelaku saat itu memilih korban ibu-ibu yang memang sedang sendirian menaiki sepeda motornya.

“Korban diikuti, kemudian di sekitar wilayah Jalibar tasnya dirampas sehingga mengakibatkan korban terjatuh dari sepedanya dan mengalami luka-luka,” tandas Ujung.

Minggu, (10/3), tersangka berhasil ditangkap beserta barang bukti handphone, dompet dan tas hasil penjambretan. “Kita juga berhasil meringkus satu orang penadahnya dengan inisial ZA,” ujar Ujung. Tersangka harus merelakan satu kakinya terpincang dan diperban akibat peluru yang ditembakkan ke kakinya saat ditangkap.

Total 9 kali diakui tersangka pernah melakukan aksi serupa yang masuk dalam kategori Pencurian dengan Kekerasan (Curas) yang ia lakukan di daerah sekitar Jalibar, Kabupaten Malang.

“Rata rata di daerah Kepanjen hingga Pakisaji, biasanya beraksi malam atau sore pelaku ini, tapi TKP terakhir dia beraksi pukul 20.45 malam,” tutup Ujung.

Kini pelaku harus rela mendekam di penjara dengan satu kaki terpincang akibat peluru yang bersarang di kakinya hasil perbuatannya sendiri. Pasal 356 KUHP dilimpahkan polisi kepada pelaku. Dirinya diancam hukuman hingga 9 tahun penjara.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia