Kampung Warna-Warni Jadi Trip Baru Travel Se-Jatim

MALANG KOTA – Kehadiran sejumlah destinasi wisata baru di Kota Malang menjadi magnet bagi pengusaha travel se-Jawa Timur. Bahkan, mereka telah menambahkan daftar rute baru untuk sejumlah destinasi tersebut. Di antaranya, Hawai Night Paradise di kompleks Hawai Waterpark, Kampung Tridi, dan Kampung Warna-Warni Jodipan. Wisatawan yang masuk ke Kota Malang, oleh pengusaha travel diarahkan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Hal ini diungkap Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Malang Gagoek Soenar Prawito menjelang gelaran Jawa Timur Travel Mart (JTM) di Malang City Point (MCP) kemarin (26/10). Menurut Gagoek, ajang JTM yang berlangsung dua hari mulai besok (28/10) itu untuk mengenalkan wisata Kota Malang ke dunia internasional. Ini karena tingkat kunjungan wisatawan asing terus membaik. Kalau pada 2016 lalu tercatat ada 50.000 wisatawan asing, sedangkan awal Januari hingga Oktober 2017 ini ada 55.000 wisatawan.

Nah, selain wisatawan asing, tamu lokal nantinya juga akan diarahkan untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kota Malang. Mulai dari Hawai Night Paradise, bangunan kuno di Jalan Kawi, Jalan Ijen Boulevard, dan Alun-Alun Tugu. Wisatawan juga diajak ke Kampung Tridi melewati jembatan kaca di Kampung Warna-Warni Jodipan. Dan, wisata industri tempe diarahkan ke Kampung Sanan.

Ajang JTM ini, imbuh Gagoek, menjadi momentum promosi wisata. Sebab, event ini diikuti 40 pengusaha travel se-Jatim. Sebelum digelar di Kota Malang, JTM sudah ada di Kota Batu, Kota Jember, Kabupaten Pasuruan, Kota Kediri, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Bondowoso.

Gagoek menyatakan, Jatim Travel Mart fokus pada eksplorasi paket-paket wisata Jatim. Mulai dari objek wisata, hotel, restoran, dan tempat rekreasi. Nantinya juga akan ada buyer (pembeli) yang berasal dari agen travel di luar Jatim.



”Untuk target pengunjung, dalam dua hari (28–29/10) diharapkan akan ada sekitar 6 ribu orang yang datang,” kata dia.

Mengapa Kota Malang dipilih sebagai ajang JTM, karena ada BPPD Jatim melihat di Kota Malang ada geliat wisata di bidang heritage, budaya, dan kuliner.

Pewarta: Aris Syaiful
Penyunting: Abdul Muntholib
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono