Kampung LA, Inisiatif Warga Kembangkan Wisata

KOTA BATU – Apa yang dilakukan warga dari Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, ini bisa diadopsi kampung-kampung lain. Berawal dari keinginan menyemarakkan wisata di Kota Batu, mereka berinisiatif menghias rumah-rumah warga. Dilakukan mulai awal bulan Ramadan lalu, kini ada sekitar 45 rumah warga yang ditempeli lampu-lampu light emitting diode (LED). Inisial Kampung LA (Lemah Abang) juga dibangun warga.

Jadilah pemandangan landscape warna-warna rumah warga tersaji saat malam hari. ”Awalnya kami ingin buat kampung ini ramai, lalu bisa ciptakan lahan pekerjaan bagi banyak warga,” terang Yusuf Rianto, salah satu penggagas Kampung LA. Karena masih dikembangkan, warga membebaskan biaya masuk bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Yusuf menambahkan, rencana untuk pengembangan lebih lanjut juga sudah dilakukan. ”Karena keterbatasan dana, sementara (kampung kami) hanya bisa dinikmati saat malam saja,” tambah pria 33 tahun ini. Dia menuturkan, konsep wisata edukasilah yang sudah disiapkan. Di dalamnya, warga ingin menyajikan beberapa wahana. Seperti camping ground dan outbound. ”Untuk wisata edukasinya, bisa kami ajak berkebun,” imbuh Yusuf. ”Kami harap pemerintah ikut mendukung, sehingga apa yang sudah ada dalam konsep, bisa kami wujudkan,” tambah dia.

 

 



Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Rubianto