Kampung Biru Arema Jadi Pilot Project Posyandu Remaja

KOTA MALANG – Destinasi wisata kota Malang, Kampung Biru Arema menjadi pilot project program Pelayananan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Puskesmas di Kota Malang. Hal tersebut ditandai dengan peresmian gedung sekaligus pembentukan kader Posyandu Remaja Bernama ‘Genzi’ yang berada di bawah naungan dari Puskesmas Arjuno Minggu (17/11).

“Kampung Biru ini kami jadikan pilot project karena merupakan daerah wisata di Kota Malang. Sehingga harus ada fasilitas kesehatan yang mempuni bagi para wisatawan. Karena itulah, kami bentuk Posyandu Remaja,” tutur kepala Puskesmas Arjuno, dr. Ida Megawati ke radarmalang.id.

Sesuai namanya, posyandu ini bakal berfungsi sebagai wadah untuk memaksimalkan peran remaja di kelurahan Kidul Dalem dalam kesehatan fisik dan psikis bagi masyarakat dan juga wisatawan di Kampung Biru Arema.

Para kader Posyandu Remaja yang berjumlah 35 tersebut bakal menjadi konselor bagi remaja lainnya dan juga pelayan kesehatan bagi wisatawan serta warga kelurahan Kidul Dalem.

“Jadi kader ini nantinya dibekali dengan BLS (Basic Life Support) untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama dan juga akan dibekali dengan skill sebagai konselor,” ujarnya.

Ida juga menjelaskan, para remaja yang merupakan pelajar SMA itu bakal membuka dan mengoperasikan Posyandu Remaja setiap akhir pekan saja.

“Karena masih sekolah ya jadi kami bagi agar tak menggangu kewajiban mereka. Nantinya setiap minggu mereka ada yang di kantor dan keliling mengawasi wisatawan yang mungkin membutuhkan pertolongan pertama,” tambahnya.

Selain itu, para kader tersebut juga akan rutin melaksanakan penyuluhan tentang permasalahan narkoba dan obat terlarang di kalangan remaja Kidul Dalem.

“Jadi harapannya dengan adanya Posyandu Remaja ini bisa mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dikalangan remaja,” ujarnya.

Ke depan kata Ida, hadirnya Posyandu Remaja di Kampung Biru Arema ini bisa berkembang. “Dan membuka cabang di kelurahan lainnya seperti Kauman,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Klojen, Heru Mulyono mengapresiasi adanya Posyandu di Kampung yang terletak di Jalan Gatot Subroto itu. “Semoga Posyandu ini bisa menjadi tempat remaja agar tidak tergiur dengan hal-hal negatif seperti pergaulan bebas atau narkoba dan menjadi generasi sehat,” urainya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara leander
Penyunting: Fia