KOTA BATU – Seluruh partai politik (parpol) dan calon anggota legislatif (caleg) yang berencana kampanye di media massa harus menahan diri dulu. Sesuai petunjuk teknis (juknis) yang dikantongi KPU Kota Batu, masa untuk kampanye di media itu baru dibuka Maret mendatang. Tepatnya mulai 24 Maret hingga 13 April mendatang.

Rentang waktu yang tersedia hanya 14 hari. ”Mereka (parpol atau caleg) harus menyetorkan materinya ke kami dahulu. Baru berikutnya kami yang akan menyambungkan kepada media terkait untuk ditayangkan,” terang Ketua KPU Kota Batu Saifudin Zuhri. Dengan dasar juknis itu, pihaknya mengimbau agar seluruh peserta pemilu di Kota Batu menaatinya.

Karena, seumpama diketahui ada yang melanggar, sanksi bisa dikenakan. ”Kalau dilihat dari juknisnya, sanksi terberatnya malah bisa dilarang berkampanye di media hingga waktu pencoblosan tiba,” sambung Saifudin.

Dia mengakui bila peraturan tersebut lebih ketat dari gelaran pemilu sebelumnya. Di samping peserta pemilu harus menyetorkan materi, durasi, dan spot, setiap peserta pemilu juga diharuskan sama di setiap media. Bukan hanya itu saja, harga iklannya pun harus disamaratakan. ”Memang, peraturan kali ini lebih detail. Sehingga tidak ada peserta pemilu yang dianakemaskan dan biar adil,” tutupnya.

Pewarta               : Badar
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya