Kamera Pop-up Find X Diragukan, Oppo Klaim Kuat 4 Tahun

Kamera Pop-up Find X Diragukan, Oppo Klaim Kuat 4 Tahun

JawaPos.com – Oppo Find X resmi masuk di pasar Indonesia. Berbekal kamera pop-up ala periskop kapal selam, Oppo Find X yang futuristik ini dibanderol terbilang mahal, yakni Rp 12,9 juta.

Sejak pertama kali di kenalkan di Paris, Prancis Juni lalu, Oppo Find X memang banyak menuai perhatian. Selain datang dengan layar ‘super’ penuh yang membuatnya terkesan sangat mewah. Hal menarik lainnya dari Oppo Find X yakni mekanisme kamera depan dan belakangnya yang dapat menyembul otomatis ketika dibutuhkan atau dikenal dengan pop-up camera.

Oppo Find X dengan kamera pop up. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Namun, mekanisme kamera pop up-nya itu justru diragukan oleh banyak kalangan. Kamera tersebut dinilai sangat riskan dan rentan rusak. Apalagi Oppo Find X menggantungkan sistem keamanannya dengan fitur face unlock yang mengharuskan kamera depannya timbul tenggelam setiap kali dibutuhkan.

Menjawab keraguan tersebut, Marketing Plan Oppo Indonesia Suwanto menerangkan, mekanisme kamera pop-up Oppo Find X yang disebut veengan 3D Stealth Kamera dapat bertahan lama setelah dilakukan pengujian intensif. “Meskipun kameranya digunakan naik turun 200 kali sehari untuk membuka kuncinya, dia akan tetap kuat,” ujarnya di acara peluncuran Oppo Find X di Jakarta, Rabu (18/7).



Dalam pengembangannya, lanjut Suwanto, Oppo telah melakukan uji coba Find X selama 300 ribu kali. “Bila dihitung-hitung pengguna 200 kali dalam sehari menaik-turunkan kamera, maka mekanisme dari kamera pop-up Oppo Find X setidaknya mampu bertahan selama empat tahun,” terangnya.

Dia menyebut bahwa waktu empat tahun itu adalah waktu minimal yang telah dilakukan Oppo lewat uji kualitas Find X. “Itu minimal ya, kalau sudah sampai pengguna mungkin bisa lebih dari itu,” katanya lagi.

Tidak sampai di situ, Suwanto juga mengklaim bahwa 3D Stealth Camera Oppo Find X mampu bertahan walaupun dipaksa bekerja selama 16 jam nonstop. Selain itu kamera pop-up Oppo Find X juga tahan goresan. Hal tersebut sebagai antisipasi tergoresnya kamera akibat gesekan pop-up yang sering digunakan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Oppo Find X hadir dengan chipset Snapdragon 845. Selain itu, untuk menyokong performa hadir pula RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Oppo Find X akan hadir ke pasaran baik secara online dan offline 8 Agustus mendatang. Kendati begitu, sejak 18 Juli hingga 31 Juli nanti sudah bisa dilakukan pra penjualan melalui marketplace online.

(ryn/JPC)