Kado Bank Dunia di Hari Peduli Sampah

Ada yang istimewa di momen peringatan Hari Peduli Sampah Nasional kemarin (21/2). Pemkab Malang melalui DLH (dinas lingkungan hidup) memastikan jika Bank Dunia bakal menyalurkan bantuan. ”Kami dapat bantuan dari Bank Dunia untuk perluasan TPA Talangagung. Rencananya hari ini (22/2) akan dilakukan kunjungan. Kemungkinan luasannya bisa bertambah hingga 1 hektare,” terang Kepala DLH Kabupaten Malang Budi Iswoyo.

KEPANJEN – Ada yang istimewa di momen peringatan Hari Peduli Sampah Nasional kemarin (21/2). Pemkab Malang melalui DLH (dinas lingkungan hidup) memastikan jika Bank Dunia bakal menyalurkan bantuan. ”Kami dapat bantuan dari Bank Dunia untuk perluasan TPA Talangagung. Rencananya hari ini (22/2) akan dilakukan kunjungan. Kemungkinan luasannya bisa bertambah hingga 1 hektare,” terang Kepala DLH Kabupaten Malang Budi Iswoyo.

Dia pun berharap, penambahan luas tersebut bisa menambah fungsi pelayanan di TPA Talangagung. ”Sampah ini kan tiap hari pasti ada, tidak mungkin kalau tidak diperhatikan. Jadi, pelayanan yang kami utamakan, agar lingkungan juga bersih,” papar Budi. Selain memaksimalkan TPA yang ada, DLH Kabupaten Malang juga tengah melirik pembukaan TPA baru. Seperti diketahui, ada rencana pembukaan titik baru di Malang Selatan.

”Luasnya sekitar 10 hektare, rencananya dibangun untuk meng-cover sampah dari pesisir selatan,” tambah Budi. Untuk mematangkan persiapan tersebut, komunikasi dengan Perhutani KPH Malang terus dilakukan. Sebab, lahan yang dipakai untuk TPA masuk kawasan pengelolaan dari Perhutani. Usaha sudah dilakukan, Budi juga berharap ada peran serta dari masyarakat untuk menjaga kebersihan. ”Ya intinya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat harus terus berjalan. Jadi, urusan sampah ini bisa teratasi dengan baik,” tandasnya.

Pewarta : Hafis Iqbal
Penyunting : Bayu Mulya
Copy Editor : Dwi Lindawati
foto ?Darmono