Kadinkes Kota Malang Sarankan Pemudik Peregangan 5 Menit Setiap 4 Jam Sekali

KOTA MALANG – Bulan Ramadan telah berada di penghujung sehingga tak potensi kemacetan juga ikut meningkat. Oleh sebab itu pemudik harus lebih meningkatkan kewaspadaan ketika hendak menuju kampung halaman.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Soepranoto ketika dihubungi oleh radarmalang.id. “Tidak hanya di kota Malang. Peningkatan volume diperkirakan ikut meningkat karena berbarengan dengan momen takbiran dan banyak masyarakat yang berbelanja kebutuhan lebaran,” paparnya.

Lebih lanjut, Soepranoto menghimbau pemudik untuk siap dalam menghadapi kemacetan karena duduk terlalu lama dapat menguras tenaga lebih cepat. Oleh sebab itu Soepranoto menyarankan untuk melakukan peregangan setiap 4 jam sekali disela mengemudi.

“Terlalu banyak duduk berpotensi memperlambat peleburan glukosa untuk tubuh sehingga tubuh akan cepat merasakan letih,” papar Soepranoto. Ia menambahkan terlalu banyak duduk juga memperlambat aliran darah melaju ke otak sehingga berpotensi pengurangan daya fokus pada sekitar. “Oleh sebab itu kami himbau untuk tidak buru-buru. Tak ada salahnya meluangkan waktu 5 menit setiap 4 jam sekali untuk peregangan,” pungkasnya.

Pewarta : Choirul Anwar