Kades Kota Raya Darat Diduga Embat Dana Desa Rp 400 Juta

JawaPos.com – Kepala Desa (Kades) Kota Raya Darat, Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), menyalahgunakan dana desa. Sang kades berinisial AJ, 47. Akibat perbuatannya, negara dirugikan hingga ratusan juta rupiah.

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap mengatakan, kasus terjadi pada 2016. Saat itu, kades mendapatkan dana desa yang bersumber dari APBN sebesar Rp 586.978.000. Namun oknum tersebut tidak melaksanakan pembangunan sesuai rencana.

“Oknum ini telah melakukan perbuatan melawan hukum dan memperkaya diri sendiri dengan menggunakan dana desa pada 2016,” kata Ferry saat dihubungi, Jumat (25/1).

Negara ditaksir mengalami kerugian mencapai Rp 473.004.697. Unutk itu, AJ dijerat pasal pemberantasan tindak pidana korupsi. Ancamannya pidana paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun penjara. “Oknum ini juga harus membayar denda paling sedikit Rp 20 juta hingga Rp 1 miliar,” papar Ferry.

Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Satria Dwi Dharma menambahkan, ini merupakan kasus lama dan berdasarkan informasi masyarakat. Selama penyelidikan, oknum tersebut kooperatif sehingga tidak dilakukan penahanan.

Kini berkas perkara Kades Kota Raya Darat telah dinyatakan lengkap atau P21. Polisi pun telah menyerahkan berkas perkara ke kejaksaan. “Sudah P21 dan sekarang sudah tahap dua ke kejaksaan,” imbuh Satria.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Alwi Alim