Kabupaten Belitung ”Belajar” ke Kota Batu

KOTA BATU – Perkembangan pariwisata yang begitu pesat, membuat beberapa daerah di Indonesia belajar ke Kota Batu. Salah satunya adalah Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Kemarin, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan rombongan datang langsung untuk berguru pada Pemerintah Kota Batu. Mereka ditemui oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso di lantai gedung A Balai Kota Among Tani kemarin.

Wakil Bupati Kabupaten Belitung Isyak Meirobie dalam kunjungan kerjanya ke Kota Batu mengatakan ingin banyak belajar untuk meniru jejak Kota Batu. Dia juga mengatakan, pihaknya baru 9 tahun membangun pariwisata di Belitung.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk transformasi ekonomi dari pertambangan ke pariwisata. ”Sehingga tujuan kami ini, mau mohon izin belajar banyak dengan Pemerintahan Kota Batu terkait perekonomian di sektor pariwisata,” ucapnya.

Namun, dia melanjutkan, masyarakat Belitung mindset dan mentalnya masih sangat kental dengan pertambangan. Sehingga, butuh waktu yang panjang untuk bertransformasi mengubah mindset dari yang instan menuju ke ekonomi kreatif. ”Proses, nanti akan bertahap,” imbuh Isyak.

Sementara Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menjelaskan, Kota Batu yang terdiri dari 3 kecamatan dengan memiliki 19 desa dan 5 kelurahan ini pada 2020 memiliki APBD sekitar Rp 1 triliun.

Sedangkan pendapatan asli daerah (PAD) Rp 207 miliar berasal dari pajak dan retribusi. ”Kota Batu ini merupakan salah satu pemerintah kota yang ada desanya, sehingga tiap desa mempunyai Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) minimal Rp 3 miliar–Rp 9 miliar,” paparnya.

Punjul mengaku bangga jika ada kota lain yang terkesan dengan sektor pariwisata di Kota Batu. Karena seperti yang diketahui, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu selalu melampaui target. ”Sepanjang 2019, wisatawan mencapai 7,2 juta,” imbuhnya.

Turut hadir menerima kunjungan ini Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono, Kabag Humas Dra Santi Restuningsasi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agus, Dinas Pertanian Sugeng Pramono, Bapelitbangda M. Chori, Kepala Dinas Pendidikan Eny R, dan Kasubbag Protokol Prasetya Bagus W. S, serta Wakil Bupati Kabupaten Belitung Isyak Meirobie beserta rombongan pejabat Pemerintah Kabupaten Belitung.

Pewarta : Ulfa Afrian
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro