Kabar Positif dari Pak Wiranto soal Kondisi Terkini di Papua & Papua Barat

Kabar Positif dari Pak Wiranto soal Kondisi Terkini di Papua & Papua Barat - JPNN.com

Senin, 02 September 2019 – 19:01 WIB

Menko Polhukam Wiranto. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan bahwa saat ini Papua dan Papua Barat dalam kondisi aman. Pernyataan Wiranto didasarkan pada laporan aparat TNI dan Polri yang bertugas di Papua.

Menurut Wiranto, saat ini kondisi di Papua burangsur pulih setelah sempat terjadi kerusuhan beberapa waktu lalu. “Tentang aktivitas di Provinsi Papua, di Jayapura sudah berangsur-angsur pulih, normal,” kata Wiranto dalam jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (2/9).

Mantan Panglima ABRI itu menambahkan, aktivitas ekonomi di Provinsi Papua sudah mulai berjalan. Beberapa SPBU, pusat pertokoan dan perkantoran di Jayapura sudah kembali beroperasi.



“Pertokoan dan perkantoran mulai buka. Angkutan umum juga mulai beroperasi. Hanya sekolah masih diliburkan,” tuturnya.

Wiranto menambahkan, kondisi keamanan di Provinsi Papua Barat juga sudah membaik. Mantan ketua umum Partai Hanura itu menegaskan, sudah tidak ada lagi aski unjuk rasa di Manokwari yang merupakan ibu kota Papua Barat.

“Di Papua Barat dilaporkan situasi unum kondusif. Aktivitas normal,” ungkap dia.

Wiranto meyakini situasi dan kondisi keamanan di dua provinsi itu membaik lantaran peran aktif Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hingga masyarakat di provinsi berjuluk Bumi Cendrawasih tersebut. Pensiunan tentara dengan pangkat terakhir jenderal itu menegaskan, semua pihak berkomitmen untuk menciptakan situasi kondusif di seluruh Papua dan Papua Barat.

“Itu semua sepakat. Sepakat untuk menghentikan, dan kembali duduk bersama membicarakan masalah kehidupan yang damai, tentram, dan kehidupan yang tidak diwarnai saling serang,” timpal dia.(mg10/jpnn)

BERITA LAINNYA INDEKS BERITA