Jual Sayur, Bonus Edukasi Hidroponik

KOTA BATU Bagi mereka yang ingin belajar hidroponik, tidak ada salahnya datang ke Open Green House di Jalan Cempaka, Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. Di tempat ini, pengunjung yang membeli sayuran juga bisa belajar kepada pemiliknya. Mulai dari cara menanam hingga merawat tanaman sampai panen.

Beragam sayuran bisa dipilih dan dibeli dengan mencabut langsung dari media tanamnya. Mulai dari selada, sawi daging, hingga kangkung. ”Di panen perdana ini, alhamdulillah hasilnya lumayan banyak. Per hole-nya kami hargai Rp 5.000,” ujar Muhammad Anwar, pemilik  greenhouse.

Dari lahan seluas 70 meter persegi, Anwar bisa memanen berbagai jenis sayuran dengan total berat hingga 250 kilogram . ”Masing-masing sayurnya bisa panen seperempat kilogram,” ungkapnya. Bagi warga yang ingin membeli sayur, tempat ini bisa dikunjungi sejak pagi. Pembeli juga disarankan untuk membawa tas belanja sendiri. ”Ketentuan ini sekaligus mengedukasi pengunjung agar tidak menyumbang lebih banyak sampah plastik,” tandasnya.

Untuk edukasi yang diberikan, Anwar menerangkan bagaimana memanfaatkan lahan sempit agar bisa digunakan sebagai lahan pertanian. ”Saya menggunakan teknologi pertanian seperti fertigasi, rakit apung, nutrient film technique (NFT), dan deep flow technique (DFT). Nah, teknologi ini semua saya sampaikan ke pembeli sebagai ilmu. Harapannya bisa membantu jika mereka punya lahan kosong di rumah, tapi tidak tahu mau dibuat apa,” terang mantan ketua Karang Taruna Desa Pesanggrahan ini.

Pewarta: Octo Pratama
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Octo Pratama