Jokowi: Sertifikat Boleh ”Disekolahkan”

MALANG KOTA – Bukan Joko Widodo (Jokowi) jika tidak mampu membuat suasana forum penuh dengan ger-geran. Itu pula yang terjadi ketika Presiden RI ini hadir di GOR Ken Arok untuk menyerahkan 4.000 sertifikat tanah bagi warga Malang Raya kemarin (28/3). Tak sekadar bagi-bagi sertifikat, mantan Gubernur DKI Jakarta, ini juga membagikan tiga sepeda angin.

Datang ke GOR Ken Arok sekitar pukul 17.00, Jokowi langsung disambut warga yang sudah sejak pagi memadati lokasi. Sebagian besar masyarakat rela bersabar menunggu karena mereka bakal menerima sertifikat tanah secara langsung dari presiden yang lebih akrab disapa Jokowi ini.

Presiden Jokowi memang tengah gencar turun ke daerah untuk membagikan sertifikat tanah secara langsung kepada rakyat. Tahun ini ditargetkan ada 7 juta sertifikat tanah untuk masyarakat. Sementara dari target umum 126 juta sertifikat yang diproyeksikan bisa diterima masyarakat, pemerintah baru membagikan 52 juta lembar.

Khusus untuk pembagian sertifikat yang dilakukan kemarin, ada 4.000 sertifikat bagi masyarakat Kabupaten Malang, 1.128 untuk masyarakat Kota Malang, dan 25 sertifikat untuk warga Kota Batu.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan, program bagi-bagi sertifikat tanah ini harus tuntas pada 2023. Maksudnya, tanah seluruh Jawa Timur semuanya bersertifikat untuk lima tahun mendatang.

”Ya, sertifikatnya boleh ’disekolahkan’ (diagunkan, Red), digunakan untuk modal kerja maupun investasi,” ujarnya yang langsung disambut aplaus warga yang memadati GOR Ken Arok.

Seperti biasa dilakukan, usai sambutan Jokowi lantas membagikan sepeda pancal kepada audiens yang beruntung. Ada ibu-ibu dari Kecamatan Dau yang mendapat sepeda setelah bisa menyebutkan lima sila Pancasila. Antusiasme peserta pun terus bergemuruh setelah satu sepeda diberikan.

”Lagi… lagi…,” teriak warga.

Warga yang beruntung berikutnya adalah Ranto, warga Wonosari, Kabupaten Malang. Dia kebagian tebak-tebakan menyebut tujuh nama pulau yang ada di Indonesia. Nah, di antara pulau yang disebut Ranto, salah satunya adalah Pulau Sempu. Nah, penyebutan salah satu pulau di Malang Selatan tersebut sontak membuat sebagian besar warga yang memadati GOR Ken Arok tergelak.

”Pulau Sempu? Ada di sini? Soalnya saya tidak hafal nama 17 ribu pulau,” timpal Jokowi. Lagi-lagi respons spontan presiden membuat warga tertawa.

Karena jawaban dianggap benar, Ranto langsung mendapat sepeda dari presiden. Sedangkan sepeda ketiga diberikan kepada Maryati yang berhasil menyebut tujuh nama suku di tanah air.

Pewarta: Fajrus Shiddiq
Penyunting: Abdul Muntholib
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono